PLN Area Timika Pastikan Tidak Lagi Terjadi Pemadaman Bergilir

TIMIKA,TimeX

Managemen PLN Area Timika memastikan tidak lagi terjadi pemadaman bergilir setelah didatangkan dan tibanya Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel.

Foto: Maurits Sadipun / TimeX
ANGKUT – Empat unit truk mengangkut mesin pembangkit listrik tenaga diesel saat melintasi Jalan Leo Mamiri menuju PLN Area Timika, Senin (15/4).

Untuk menambah pasokan daya listrik, pada Senin (15/4) petang sejumlah unit mesin dengan kapasitas 5 Megawatt (MW) sudah tiba di Kantor PLN Timika.

Sejumlah unit mesin dalam kontainer dari Pelabuhan Pomako diangkut dengan truk. Mesin itu didatangkan dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dengan bertambahnya mesin pembangkit listrik tenaga diesel, maka menambah pasokan daya PLN Timika yang juga pada pekan lalu telah mendatangkan mesin berkapaditas 3 MW.

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PT. PLN Area Timika, Hotman Ambarita kepada wartawan, Senin (15/4) mengatakan, dengan tibanya unit mesin pembangkit diharapkan mulai Selasa (16/4) sudah mulai beroperasi.

“Mesin pembangkit 5 MW yang kami datangkan dari BTB itu statusnya sewa dari perusahaan Aggreko di Singapura. Mesin pembangkit yang baru kami datangkan pasti lebih cepat beroperasi karena sudah dirakit dan tidak butuh dudukan karena berada dalam kontainer. Kalau semuanya lancar, sebagian unit mulai running besok (hari ini-Red),” kata Hotman.

Sedangkan mesin 3 MW yang disewa dari PT Manunggal lanjut Hotman hingga kini masih dalam proses perakitan.

“Kalau mesin pembangkit 3 MW yang datang pertama kami pastikan baru akan running perkiraan akhir April ini,” katanya.

Ia menambahkan dari pemadaman bergilir selama lima bulan terakhir akibat defisit daya PLN Timika tersisa 2 MW saat ini, dipastikan segera berakhir mulai Pemilu 2019 besok. (tim)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.