LPMAK Telah Biayai 11 Ribu Anak Papua Tujuh Suku

TIMIKA,TimeX

Selama 23 tahun berdiri, Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) telah meluluskan (membiayai sekolah) kurang lebih 11.000 anak Papua asal tujuh suku. Sementara saat ini masih aktif kuliah sebanyak 1000 anak.

Foto: Indri/TimeX
Abraham Timang

Demikian diutarakan Abraham Timang Sekretaris Eksekutif LPMAK saat ditemui di Gedung MPCC, Jalan C Heatubun, Selasa (16/4).

Dikatakan Timang selama 23 tahun ini bentuk evaluasi LPMAK menyeluruh mulai dari kesehatan, pendidikan dan ekonomi  cukup banyak. Milsalnya untuk bidang pendidikan, LPMAK sudah meluluskan ribuan anak putra daerah dari berbagai jurusan. Bahkan Abraham menyebutkan sampai saat ini mahasiswa masih aktif kuliah 1000 orang dibiyayai oleh LPMAK.

Sedangkan secara umum jumlah mahasiswa yang sudah dibiayai LPMAK selama kurung waktu 23 tahun ini 11 ribu lebih. Hampir sebagian besar sudah bekerja di berbagai instansi dan perusahaan.

“Jadi secara garis besar, semenjak ada dana kemitraan sampai dengan saat ini mencapai 11 ribuan,” ujar Abrahan.

Sedangkan dari sisi bidang kesehatan, jelasnya LPMAK telah memiliki Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) yang dikelola Yayasan Caritas, tentu yang menjadi program prioritas LPMAK ialah mengedepankan pelayanan kesehatan.

“Dalam pelayanan kesehatan secara gratis, yang bisa dinikmati oleh masyarakat khususnya tujuh suku, ini yang menjadi fokus serta prioritas,” ujarnya.

Adapun beberapa fasilitas kesehatan yang turut dilakukan pembenahan sejalan seperti fasilitas gedung dan juga alat-alat medis.

“Ini juga menjadi konsen kita juga bagi LPMAK,” katanya.

Selain itu untuk program ekonomi, kata Araham, saat ini akan dihilangkan program dana bergulir, karena saat evaluasi program ini seperti program bagi-bagi uang.

“Jadi sekarang kita programkan Pengembangan Ekonomi Masyarakat (PEM) dan saat ini sedang kita jalankan,” pungkasnya. (a30)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.