Baru Lima Distrik Pleno Hasil Pileg dan Pilpres

TIMIKA,TimeX

Memasuki hari ketiga pascapencoblosan pada Rabu 17 April lalu hingga Sabtu (20/4) baru lima dari 18 distrik di Kabupaten Mimika yang melaksanakan pleno rekapitulasi hasil Pileg dan Pilpres. Pleno rekapitulasi ini berlangsung di Graha Eme Neme Yauware. Selama pleno berlangsung mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian.

Foto: Tanto/TimeX
Dedy Nataniel Mamboay

Dedy Nataniel Mamboay Komisioner KPU Mimika Divisi Teknis menyebutkan lima distrik itu yakni Distrik Mimika Baru, Wania, Kuala Kencana, Iwaka dan Kwamki Narama.

“Jadi sesuai tahapan pleno tingkat distrik itu selama 14 hari, sampai 5 Mei mendatang. Setelah selesai di tingkat distrik baru diserahkan ke tingkat KPU Kabupaten,” ujar Dedy saat ditemui Timika eXpress di Graha Eme Neme Yauware, Sabtu (20/4).

Ia berharap pelaksanaan pleno tingkat distrik bisa berjalan sesuai tahapan, karena pihaknya juga diberikan waktu selama 10 hari guna proses pleno lanjutan tingkat kabupaten. Hal ini sesuai jadwal dan tahapan pada PKPU nomor 23 tahun 2019.

“Kami harap pleno tingkat distrik harus jalan sesuai dengan prosedur yang ada. Karena rekapan dari tingkat bawah itu sudah yang dipindahkan atau disalinkan ke DA 1 KWK tingkat distrik, baik yang manual maupun format yang sudah diberikan oleh KPU,” harapnya.

Dikatakan sesuai aturan pleno itu harus dijalankan di tingkat distrik, sehingga DA 1 KWK yang didapati itu tepat sasaran.

“Jadi secara tahapan untuk KPU secara nasional itu tingkat KPPS sudah selesai dari tanggal 18 April pascakeputusan MK yang diberikan sampai pukul 00.00 WIT,” ungkapnya.

Terkait apakah ada rekomendasi dari Bawaslu adanya Pemilihan Suara Ulang (PSU), pihaknya sampai saat ini belum mendapat rekomendasi dari Bawaslu.

“Untuk bagian itu (PSU-red) kita akan koordinasikan dengan Bawaslu, karena polisinya KPU adalah Bawaslu. Tapi kita sangat berharap tidak ada PSU,” pungkasnya. (tan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.