Hari Pertama Pascalibur, ASN Masih ‘Malas’ Kantor

TIMIKA,TimeX

Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai honorer di lingkup Pemerintah Kabupaten Mimika disinyalir masih ‘malas’ masuk kantor.

Pemandangan kurang elok ini bisa dilihat jelas di hari pertama masuk kerja, Selasa (23/4), pascalibur Pemilihan Legislatif dan Pilpres pada Rabu (17/4) hingga, Senin (22/4)  libur Paskah.

Foto: Indri/TimeX
LAYANI – Pegawai Disdukcapil Mimika melayani warga yang datang mengurus KTP-e, Selasa (23/4).

Pantuan media ini suasana Pusat Pemerintah di Kelurahan Karang Senang SP 3, Distrik Kuala Kencana tidak seperti biasanya. Aktifitas di beberapa OPD masih terlihat sepi dari biasanya. Terihat hanya beberapa pegawai saja yang masuk. Itupun belum memberikan pelayanan maksimal. Ada sebagian duduk-duduk sambil bercerita.

Pemandangan lain tempat parkir kendaraan juga hanya beberapa mobil dan sepeda motor saja yang ada dari biasanya padat.

Meskipun demikian pelayanan perekaman KTP elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  (Disdukcapil) sudah dibuka seperti biasa. Sejumlah pegawai sibuk melayani masyarakat yang datang.

Terlihat warga sudah antri dari pagi menunggu nomor antrinya dipanggil petugas.

Sedangkan untuk loket pelayanan pembuatan kartu kuning pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) hingga pukul 10.00 WIT masih tutup, tidak ada pelayanan sama sekali. Beberapa pencari kerja (Pencaker) yang hendak mengurus kartu kuning setiba di ruang tunggu depan loket terpaksa pulang kembali.

Patut diketahui, sesuai surat edaran Gubernur Papua  Nomor  003/237 memuat tentang libur cuti bersama dalam rangka Paskah itu dimulai berlaku 17 April. Pada tanggal itu ditetapkan menjadi hari libur nasional untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak. Sedangkan 18 April masuk Pekan Suci atau Kamis Suci, 19 April libur Wafat Yesus Kristus, 21 April Paskah Pertama dan Senin 22 April  Paskah kedua. Selanjutnya pada Selasa 23 April pegawai sudah harus masuk kerja seperti biasanya.

Mengenai hal ini sebelumnya, Eltinus Omaleng Bupati Mimika sudah menekankan agar pada hari pertama pegawai harus sudah masuk kerja seperti biasa.

“Pokoknya tidak boleh ada yang tambah-tambah libur lagi. Masuk kerja seperti biasa,” ujar Eltinus dalam arahan pada apel pagi sebelumnya. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.