Pemkab Mimika Buka Penerimaan CPNS

TIMIKA,TimeX

Kabar gembira bagi masyarakat Pencari Kerja (Pencaker) di Mimika, karena informasi resmi pengumuman penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi umum tahun 2018 dimulai hari ini, Kamis (25/4).

Pengumuman tersebut berdasarkan surat Bupati Mimika nomor: 810/214/BKPSDM/2019, tentang pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil formasi tahun 2018 pada Pemerintah Kabupaten Mimika yang diselenggarakan tahun 2019.

Surat pengumuman Bupati Mimika merujuk pada keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi (Menpan-RB) Negara Republik Indonesia Nomor 531 tahun 2018, tanggal 30 Agustus 2018, tentang kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2018.

Maka Pemerintah Kabupaten Mimika akan melaksanakan seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 yang diselenggarakan Tahun Anggaran 2019, dengan ketentuan mencakup alokasi formasi, persyaratan dan tata cara pendaftaran.

Pemerintah Kabupaten Mimika membutuhkan 300 pegawai dengan alokasi formasi yakni, formasi tenaga guru 111 orang, formasi tenaga kesehatan 117 orang dan formasi tenaga teknis 72 orang.

Jadwal pemasukan berkas CPNS dimulai, 24 April sampai 17 Mei 2019 mendatang lewat loket kantor Pos Timika. Pendaftaran CPNS secara online melalui situs sscn.bkn.go.id. Formasi untuk Kabupaten Mimika mulai dari jenjang SMA, D III dan S 1.

Dimana berkas pelamar dikirim ke Badan Kepegawaian Mimika melalui Kantor Pos dengan alamat PO BOX 3000 dengan kop surat kepada Bupati Mimika.

Marthen Paiding Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, mengatakan dibukanya pendaftaran CPNS ini secara online. Kuotanya 80 persen dikhususkan untuk putra putri Orang Asli Papua (OAP) dan 20 persen untuk non OAP, tetapi berlaku hanya bagi putra-putri kelahiran Papua.

“Kalau yang non Papua hanya bagi mereka yang lahir di Papua, dan sekolah di Papua saja. Jadi kalau yang akta kelahirannya tidak di Papua atau tidak sekolah di Papua maaf saja, ya karena kesepakatan umumnya sudah seperti itu,” ujar Marthen saat ditemui Timika eXpress usai menghadiri kegiatan di Hotel Serayu, Rabu (25/4).

Sementara, sesuai  surat Gebernur Papua Nomor: 800/287/1/Set sebelumnya, perihal penyampaian jadwal penerimaan CPNS tahun 2018 bahwa pada 22 April – 13 Mei akan diumumkan penerimaan CPNS. Pada 24 April – 17 Mei dilakukan pendaftaran online terbatas dan pengiriman berkas  fisik. Selanjutnya pada 25 April  – 23 Mei  tahapan seleksi administrasi, 10 Juni pengumuman hasil seleksi administrasi, 11-17 Juni cetak nomor ujian secara online dan 19 Juni – 9 Juli seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang (CAT), 30  Juni pengumuman kelulusan.

Kemudian tanggal 1-22 Agustus 2019 pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus.

Pantauan Timika eXpress di Badan Kepegawaian dan Pengebangan Sumber Daya Aparatur Daerah (BKPSDAD) Mimika di SP 5 aktifitas di kantor itu nampak sepi-sepi saja. Hampir semua ruang tertutup. Namun seorang pegawai yang ditemui mengatakan jadwal pengumuman baru akan ditempel pada Kamis. (a30)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.