Realisasi Pajak Kuartal Pertama Rp770,24 Miliar

TIMIKA,TimeX

Realisasi penerimaan pajak kuartal pertama pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Timika tahun 2019 mencapai target senilai Rp770,24 miliar atau setara 25,74 persen.

Foto: Dok./TimeX
Gedung Pajak Pratama Timika di Jalan Cenderawasih.

“Mulai Januari hingga per 2 Mei kemarin kita sudah mengumpulkan 770,24 miliar. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, pajak kita tumbuh 4,32 persen,” tulis Hery Sumartono Kepala KPP Pratama Timika dalam rilisnya yang diterima Timika eXpress, Minggu (5/5).

Tahun 2019 ini tulisnya, KPP Pratama Timika ditarget mengumpulkan pajak negara Rp2,992 triliun.

Pencapaian kuartal pertama menurut Hery, terbilang positif. Bahkan ia pastikan penerimaan hingga akhir Mei akan lebih meningkat lagi.

“Jika trendnya bertahan hingga akhir tahun, maka bisa dipastikan target penerimaan tahun ini bisa tercapai. Apalagi penerimaan biasanya masuk paling besar saat jelang akhir tahun,” tulisnya.

Saat ini tulisnya, KPP Timika masih ada waktu tujuh bulan lagi hingga akhir tahun untuk dapat mencapai target 74,26 persen yang tersisa.

Tetapi jika melihat penerimaan di kuartal pertama ini saja sudah capai Rp770 miliar maka diakhir Mei ia memastikan bisa mencapai Rp800 atau 900 miliar.

Penyumbang pajak terbesar di Mimika sebutnya masih dari sektor tambang, dan upaya meningkatkan penerimaan pajak dari sektor non tambang tetap dilakukan secara on the track.

“Target kami tahun ini meningkat dibanding tahun 2018 yang hanya 2,7 triliun. Kami tetap optimis bisa mencapai target yang diberikan,” pungkasnya. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.