2.300 Pencaker Berebut 300 Kuota CPNS Mimika

TIMIKA,TimeX

Sebanyak 2.300 pencari kerja di Kabupaten Mimika siap bersaing memperebutkan 300 kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi umum tahun 2018.

Foto: Santi/TimeX
ANTRI – Puluhan warga maupun pelamar antri memasukan berkas atau pengiriman di loket Kantor Pos Cabang Timika, Senin (13/5).

Jumlah pelamar CPNS ini mengacu berkas lamaran yang dimasukan melalui Kantor Pos Timika sejak dibukanya pendaftaran 24 April lalu hingga H-3 penutupan pendaftaran penerimaan CPNS 17 Mei mendatang.

Fransiskus Suryaman, Kepala Kantor Pos Cabang Timika saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Selasa (14/5) mengungkapkan semua berkas tersebut telah dikirim ke Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Aparatur Daerah (BKPSDAD) Mimika.

Jumlah pelamar terdiri dari tiga formasi umum 2018, yakni pendidikan, kesehatan dan teknis, dimana setiap formasi lamaran ditujukan alamat pengimrimannya ke PO BOX 3.000, 4.000 dan 5.000.

Menurutnya, antusias masyarakat dengan dibukanya penerimaan CPNS yang sempat tertunda memang sangat luar biasa. Setiap hari pihaknya menerima 222 orang pelamar yang masukan berkas.

“Peningkatan jasa pengiriman melalui Kantor Pos cukup signifikan 80-90 persen dibandingkan hari biasanya,” tutur Fransiskus.

Pengiriman berkas kata Fransiskus tidak membutuhkan waktu lama, petugas hanya membutuhkan waktu sekitar empat menit memasukkan data ke alamat yang dituju setelah itu pada siang hari langsung dikirim ke (BKPSDAD). Setiap pelamar dikenakan biaya pengiriman Rp 25 ribu. Dengan jumlah itu maka Kantor Pos mendapat penerimanaan Rp 57.500.000.

Ia menambahkan sejak BKPSDAD membangun kerjasama dengan Kantor Pos memberikan pelayanan penerimaan berkas pelamar CPNS pada Hari Minggu tetap dilayani. Hanya saja minggu ini sudah tidak lagi mengingat batas akhirnya 17 Mei jatuh pada Hari Jumat.

“Untuk loket kita tetap sama hanya proses pengurusan berkasnya kita percepat agar saat siang hari sudah bisa diantarkan ke BKPSDAD,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Mimika membutuhkan 300 pegawai dengan alokasi formasi yakni, formasi tenaga guru 111 orang, formasi tenaga kesehatan 117 orang dan formasi tenaga teknis 72 orang.

Jadwal memasukan berkas CPNS dimulai dari 24 April sampai 17 Mei 2019 mendatang lewat loket kantor Pos Timika. Pendaftaran CPNS secara online melalui situs sscn.bkn.go.id. Formasi untuk Kabupaten Mimika mulai dari jenjang SMA, D III dan S 1.

Dari kuota yang ada, 80 persen dikhususkan untuk putra putri Orang Asli Papua (OAP) lahir besar di Mimika dan 20 persen untuk non OAP juga lahir, besar dan sekolah  di Papua. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.