Mengenang Mama Nella Beanal Omaleng Bagian I, Alexander Omaleng: Mama Pesan Saya Jaga Adik Baik-baik

Kepergian Alamarhumah Nella Beanal Omaleng, meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat Mimika, secara khusus keluarga, baik saudara maupun anak dan cucu yang ditinggalkan. Minggu (19/5) ibu dari lima anak ini, menghembuskan nafas terakhir di RSUD Mimika. Sudah dinyatakan sembuh, seminggu sebelumnya, bahkan almarhumah berencana memberi kesaksian tentang kesembuhannya di gereja, namun tak sempat sampai di gereja, ia telah dipanggil lebih dulu oleh Sang Khalik.

 Laporan: Linda/Yosefina – Timika eXPress

Foto: Linda/TimeX
MELAYAT – Keluarga dan ASN Pemkab Mimika melayat jenazah Nella Beanal Omaleng di rumah duka, SP 2, Senin (20/5).

Kesedihan nampak jelas diraut wajah Alexander Omaleng, putra sulung pasangan Eltinus Omaleng, Bupati Mimika dan Almarhumah Nella Beanal Omaleng.

Dengan terbata-bata ia menceritakan pesan sang ibunda, ketika masih hidup agar ia menjaga adik-adiknya dengan baik. “Mama pesan saya jaga adik baik-baik, kerja baik-baik dan jaga keluarga baik-baik,” cerita Alex, saat ditemui Timika eXpress di rumah duka, kediaman pribadi Eltinus Omaleng di Jalan Durian, Kampung Timika Jaya, SP2, Senin (20/5).

Pria 26 tahun ini begitu mengidolakan sosok mamanya yang sabar, tegar, rendah hati, bersahaja, tidak banyak bicara dan banyak mengalah. Sifat keibuan dan mengayomi ini tidak hanya dilakukan terhadap anak-anaknya tetapi juga adik-adikanya, karena almahrumah yang lahir pada tanggal 21 Januari 1973 ini merupakan sulung dari enam bersaudara.

“Mama itu paling banyak mengalah dan orang rumahan. Mama kalau ada kegiatan mendampingi bapak atau ada kegiatan PKK baru mama keluar rumah, kalau tidak mama tinggal di rumah saja,” kata Erik.

Menurut  Erik sejak tahun 2018 alamarhumah telah menderita stroke, namun telah menjalani pengobatan di Jakarta tepatnya di RS Gatot Subroto. Setelah pengobatan juga sudah rutin kontrol selama tiga kali dan mama sudah dinyatakan sembuh oleh dokter.

Hanya saja minggu lalu kembali diserang stroke lagi di kaki, namun sudah diobati secara  tradisional dan sudah sembuh.

“Waktu mama pulang setelah kontrol masih ada sedikit stroke di kaki, tapi kita sudah obat secara adat dan sudah pulih. Jadi hari minggu kemarin mama rencana ke gereja untuk kasih kesaksian bahwa Tuhan telah menyembuhkannya, tapi ternyata rencana Tuhan lain, mama dipanggil Tuhan saat mama masih di rumah Timika Indah sebelum pergi memberikan kesaksian di gereja,” ujarnya.

Rikardo Pulwiyala: Mama Anggap Saya Seperti Anak Kandungnya

Sosok Nella Omaleng tidak hanya bersahaja terhadap keluarganya tapi juga orang-orang yang bekerja dengannya. Seperti pengakuan Rikardo Pulwiyala, sopir pribadi Mama Nella sejak enam tahun yang lalu.

“Mama itu sangat rendah hati. Sejak bapak jadi bupati sikap mama tidak berubah, dia tetap ramah dan baik dengan semua orang. Mama memperlakukan saya seperti anaknya sendiri, mama tidak pernah bicara kasar. Saya juga anggap seperti mama kandung saya, kebaikan mama tidak bisa saya balas,” kenang pria yang biasa diapa Erik ini dengan mata berkaca-kaca.

Saat Mama Nella pergi meninggalkan dunia ini, Erik juga yang langsung menyaksikan bersama Siska putri dari almarhumah dan Desi anak menantu.

Sementara sebelumnya, pada Minggu (20/5) malam Eltinus Omaleng di hadapan para pelayat mengaku sangat mengagumi sosok alamarhumah istrinya Menurutnya mama Nella merupkan ketentuan dari Tuhan. Ia pun mengenang saat terakhir berkomunikasi dengan istrinya. “Beberapa hari lalu saya bicara dengan mama di telepon dan mama bilang bapa ini tidak sayang saya. Terus saya bilang paling sayang mama, karena mama ini yang dipilih Tuhan untuk saya. Mama juga yang selama ini selalu mendukung dan mendoakan saya terlebih saat saya sakit,” kenang Omaleng.

Kini Omaleng hanya bisa mendoakan sang istri, agar tenang di Firdaus baru. “Kami keluarga sangat mencintai mama tapi Tuhan lebih sayang semoga mama bahagia di surga,” kata Omaleng.

Sementara I Nyoman Putu Arka Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Mimika mengungkapkan bawah prosesi pemakaman almahruhmah akan dilakukan hari ini, Selasa (21/5) mulai pukul 08.00 WIT.

“Jadi besok (hari ini-red) pukul 08.00, Ketua Tim Penggerak PKK dan juga sebagai  istri dari Bapak Bupati Mimika Eltinus Omaleng,  akan disemayamkan di Pendopo Rumah Negara di SP3. Di sana ada prosesi penyerahan jenazah alamrhumah dari keluarga kepada pemerintah dan para pelayat memberikan penghormatan terakhir.

Prosesi di Pendopo diurus pemerintah secara protokoler, setelah itu sekira pukul 10.00 WIT acara penyerahan dari pemerintah kepada pihak keluarga kemudian dibawah ke rumah duka SP2 untuk disemayamkan dan dilanjutkan ibadah dan proses pemakaman,” terangnya.

Untuk pengamanan, Nyoman meminta kepada pihak Dinas Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Polres Mimika agar melakukan pengamanan dengan  maksimal sehingga seluruh prosesi pemakaman berjalan lancar, aman dan hikmat.

Hingga sore kemarin, para pelayat masih terus berdatangan di rumah duka, baik keluarga maupun kerabat. Hampir seluruh ASN di lingkup Pemkab Mimika juga hadir menyampaikan belasungkawa atas kepergian almarhumah. Krans bunga ucapan dukacita yang datang dari berbagai kalangan juga nampak memenuhi halaman depan rumah duka. (bersambung)

Daftar Riwayat Hidup 

 

Nama                                    : Nela Beanal Omaleng

Jabatan                                : Ketua Penggerak Tim PKK Kabupaten Mimika

TTL                                         : Tsinga, 21 Januari 1973

Alamat                                  : Jalan Durian, RT/RW-011/003, Timika Jaya, Mimika

Almarhumah adalah       : Isteri dari Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE, MH.

 

Riwayat Keluarga

 

Suami                                    : Eltinus Omaleng, SE, MH (Bupati Kabupaten Mimika)

Anak                                      : 5 Orang

3 Laki-laki dan 2 Perempuan

  1. Alex Omaleng
  2. Siska Omaleng
  3. Alfrida Omaleng
  4. Albert Omaleng
  5. Diof Omaleng

 

Karir Organisasi:

 

  1. Ketua Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  2. Penasehat Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Mimika
  3. Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mimika
  4. Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Mimika
  5. Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Mimika

 

Riwayat Sakit

Menderita rematik dan darah tinggi.

Meninggal Dunia Pada :

            Hari                        : Minggu 19 Mei 2019

Pukul                     : 09.00WIT

Tempat                                : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika

 

Keluarga yang Ditinggalkan:

  • Suami
  • 5 orang anak
  • 3 menantu, dan
  • 5 orang cucu

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.