Perarakan Salib PYD ‘Bakar’ Semangat OMK Mimika, Datang Gereja Bukan Hanya ‘Berselfie Ria’

TIMIKA,TimeX

Orang Muda Katolik (OMK) Keuskupan Timika sedang ‘dibakar’ semangatnya dengan kegiatan ‘Really Salib’ atau perarakan salib Papua Youth Day (PYD) yang dilaksanakan sejak tanggal 17 Mei 2019 lalu.

Foto: Kristina/TimeX
SERAHKAN – Penyerahan Salib PYD dari OMK Kuasi Santa Sisilia SP 2 kepada OMK Santo Petrus SP-3.

Merpani Adii, koordinator PYD Kuasi Stasi Santa Sisilia SP 2 mengatakan, OMK harus bekerja agar gereja tetap hidup, sedangkan peran orangtua hanya sebagai penasihat dan pembimbing. Karena itu, anak muda tidak lagi menganggap datang gereja hanya untuk berkumpul atau ‘berselfie ria’, tetapi harus melibatkan diri dalam membangun gereja dan pengembangan iman diri masing-masing.

Salib dengan konsep ukiran khas Kamoro, dibalut noken khas Suku Mee tersebut diarak mulai dari Bobaigo, Istana Keuskupan Timika kemudian dibawa ke Paroki Mapurujaya. Salib ini diletakkan di Gereja Paroki Mapurujaya selama dua hari.

Kemudian dibawa lagi ke Paroki Sempan pada tanggal 19 Mei,  selanjutnya pada tanggal 20 Mei diarak lagi menuju ke Gereja Katedral Timika, menyusul tanggal 25 Mei diarak lagi ke Kuasi Santa Sesilia SP 2.

Sepanjang perarakan berlangsung penuh meriah, dengan penampilan dari berbagai budaya, yakni dari Suku Kamoro, Mee, Toraja, Batak, Flores, Sorong, Amungme, dan Kei dan beberapa daerah lainnya.

Kegiatan bernuansa religi  ini mengusung tema “Nyalakan Api Mudamu Jadilah Tungku Api Kristus”.

Senin (27/5), puluhan OMK Paroki Santa Sisisilia SP 2 kembali mengarakan salib PYD ke Gereja Paroki Santo Petrus Timika SP 3. Salib ini akan diletakan di Gereja Santo Petrus SP 3 sampai tanggal 29 Mei mendatang kemudian dikembalikan ke Keuskupan.

“Ini adalah kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan dan perarakan salib ini bertujuan memberi semangat bagi seluruh OMK di lima paroki yang ada di Dekenat Mimika. Selain itu, agar OMK mengetahui bahwa adanya hari khusus orang muda se-Papua yang disebut PYD,” jelas Merpani Adii koordinator PYD Kuasi Stasi Santa Sisilia SP2 kepada wartawan di Halaman  Gereja Kuasi Stasi Santa Sisilia SP2, Senin (27/5).

Ia menambahkan pada 25 hingga 29 Juni 2019 mendatang akan berlangsungnya kegiatan PYD melibatkan seluruh orang Muda Keuskupan di Papua berpusat di Kota Rusa Merauke.

“Perarakan salib PYD ini untuk menyambut PYD di Merauke selama empat hari. Nantinya dari setiap paroki yang ada di Dekenat Mimika akan diutus tiga orang, sehingga dari Keuskupan Timika akan hadir sekitar 50 orang,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap meskipun nantinya tidak semua ikut dalam kegiatan di Merauke namun semua OMK di Mimika harus sadar bahwa perarakan salib ini menyadarkan seluruh OMK bahwa jantung Katolik itu ada di setiap anak muda. (a33)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.