Penetapan Kursi DPRD Tunggu Putusan KPU RI

TIMIKA,TimeX

Indra Ebang Ola Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menegaskan penetapan perolehan 35 kursi anggota DPRD Mimika masih menunggu keputusan KPU RI.

Foto: Dok./TimeX
Indra Ebang Ola

“Hingga saat ini KPU RI belum masuk ke tahapan penetapan kursi dewan untuk daerah dan kota. Dan penetapan SK dan kursi nantinya dilakukan setelah seluruh pengaduan dari Caleg dan Parpol tuntas diproses di Mahkamah Konstitusi (MK),” jelas Indra kepada wartawan melalui telponnya, Selasa (28/5).

Namun demikian Indra memastikan kalau rekapan secara nasional itu semuanya sudah dilakukan. Bahkan dirinya sekarang juga masih menunggu putusan itu.

Dikatakan seluruh KPU Provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia saat ini dalam tahapan pengadministrasian seluruh rekapan hasil Pemilu 2019. Selanjutnya administrasi rekapan tersebut dipilah oleh KPU RI untuk menjadi dasar menerbitkan SK kolektif.

Di dalam SK kolektif ini juga kata Indra nantinya dilampirkan pula nama-nama caleg berdasarkan perolehan suara, sesuai rekapan tingkat bawah dari TPS, PPD dan KPU Kabupaten/Kota serta KPU Provinsi.

Dengan demikian ujarnya SK yang dikeluarkan akan diplenokan dulu oleh KPU RI.

“Jangankan KPU Mimika, KPU Provinsi saja dilarang dari pusat untuk merekap kursi-kursi. Jadi tugas KPU Kabupaten hanya mengadministrasikan semua hasil rekapan dan diserahkan ke KPU Provinsi dan dilanjutkan ke KPU RI,” jelasnya.

Sebagai penyelenggara Pemilu kata Indra, KPU telah menjalankan tugas berdasarkan perintah undang-undang yang mengatur tentang proses penyelenggaraan Pemilu. Untuk itu, Indra menolak jika ada anggapan dari masyarakat Mimika bahwa KPU Mimika yang menjadi biang keterlambatan penetapan SK dan kursi dewan.

Di balik telepon, Indra mengapresiasi bagi 458 Caleg dari 16 Parpol peserta Pileg yang telah menggunakan hak konstitusi dalam proses penyelenggaraan pesta demokrasi di Mimika pada 17 April lalu.

“Saya apresiasi Caleg dan Parpol yang mengajukan gugatannya ke MK. Salah satunya adalah Christian Victor Kabey. Itu menunjukan mereka memproses melalui jalur hukum sehingga selanjutnya kita sama-sama menunggu hasil dari MK,” jelasnya.

Apresiasi serupa juga untuk Pemkab, TNI-Polri serta masyarakat Mimika, karena telah memberikan dukungan kuat kepada KPU mulai tahapan hingga penyelenggaraan Pemilu dan Pleno KPU RI suasananya sangat kondusif. Ini menunjukan sikap nuansa demokrasi di Mimika semakin tumbuh dewasa dan berkualitas. (a33)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.