Maknai Hari Pancasila, Pegawai Loka POM Dalam Balutan Busana Daerah

 TIMIKA,TimeX

Maknai peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sabtu 1 Juni 2019, pegawai Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Timika saat mengikut upacara bendera dengan balutan busana daerahnya masing-masing. Upacara ini berlangsung di Kantor Loka POM Jalan Hasanuddin dengan Inspektru Upacara (Irup) Hariyanto Baan, Kepala Loka POM Mimika. Motif adat yang ditampilkan, Suku Toraja, Jawa dan Papua.

Foto: Ist./TimeX
FOTO BERSAMA – Hariyanto Baan Kepala Loka POM Mimika bersama staf Loka POM Timika foto bersama dengan pakaian adat usai upacara bendera, Sabtu 1 Juni 2019.

Pada moment itu pula seluruh staf menuliskan harapan-harapan di spanduk yang disediakan.

Hariyanto Baan dalam arahan menekankan tiga hal yaitu selalu berharap kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjaga kesatuan Republik Indonesia dan menjaga persatuan Indonesia.

“Ketiga poin ini harus kita perhatikan dengan begitu Indonesia tidak akan terpecah belah,” katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan Pemilu 17 April lalu membuat masyarakat terbelah antara pendukung Paslon Presiden 01, Jokowi-Ma’ruf dan 02, Prabowo-Sandi. Untuk itu dirinya mengimbau agar segera kembali kepada Persatuan Indonesia.

Kepada stafnya ia ingatkan tidak membeda-bedakan suku, ras maupun agama. Termasuk tidak menjelek-jelekan pemerintah dan Bangsa Indonesia tetapi seharusnya masyarakat tetap bangga sebagai Bangsa Indonesia.

“Kita harus meninggalkan keburukan itu dan harus menjaga Persatuan Indonesia dengan cara membangun Indonesia sehingga bangsa ini tidak semakin terbelah,”  pesannya.

Usai upacara Hari Bakti Pancasila ia mengajak semuanya harus bersama-sama mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Tentunya kita harap Indonesia tetap bersatu, NKRI tetap maju dan sebagainya,” ujarnya.

Mengenai keluarga besar Loko POM mengenakan pakaian adat katanya bertujuan supaya sebagai masyarakat Indonesia bangga akan keanekaragaman suku, bahasa sebagai anak bangsa.

“Itu adalah anugerah yang harus kita syukuri. Karena sebagai negara besar maka bangsa dan negara harus bersatu,” katanya.

Jadikan Pancalisa Falsafah Hidup

Sementara AKBP Agung Marlianto Kapolres Mimika mengajak seluruh lapisan masyarakat Mimika untuk menjadikan Pancasila sebagai falsafah hidup.

Ajakan ini Agung sampaikan di hadapan ratusan ASN di lingkup Pemkab Mimika, TNI-Polri maupun undangan lainnya saat bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sabtu 1 Juni 2019 di lobi Gedung A Pusat Pemerintahan SP 3.

Pada upacara ini tanpa dihadiri Eltinus Omaleng Bupati Mimika dan Yohanis Bassang Wakil Bupati Mimika hanya Sekda dan pejabat lainnya.

Orang nomor satu di Polres Mimika ini terus tekankan semangat pengamalan nilai-nilai Pancasila, yang harus tetap ditanamkan dalam hati,  agar masyarakat Indonesia tetap bersatu seperti semboyan Pancasila, yakni Bhineka Tunggal Ika. Artinya berbeda-beda tetap satu, terlebih khusus warga Mimika, meskipun wilayah barat banyak saudara-saudara yang menolak akan perbedaan  tetapi warga Mimika tetap bersatu.

“Kita harus menjadikan Pancasila sebagai falsafah hidup, sebagai urat nadi dalam hidup bernegara dan berbangsa yaitu Bangsa Indonesia,” pesan Agung.

Menurutnya nilai-nilai Pancasila dianggap penting karena Pancasila  sebagai alat untuk pemersatu bangsa Indonesia. Juga  menjunjung tinggi nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.

Masyarakat Indonesia katanya masyarakat majemuk. Begitu banyak suku, ras, budaya juga agama, namun itu bukanlah satu alasan untuk tidak menjujung nilai Pancasila.

Selain itu lanjutnya Indonesia merupakan bangsa besar selalu mengedepankan norma-normal agama, sehingga sangat salah jika ada yang mengatakan jika bangsa Indonesia adalah bangsa yang anarkis.

Menariknya pada momen sejarah bangsa Indonesia ini, selain panitia menyiapkan kue Ultah Pancasila, Agung mendapat surprise dari anggota TNI-Polri  berupa kue Ultah ke-42 nya bersamaan dengan hari lahir Pancasila.

Suasana gembira ini makin tampak dengan seluruh ASN, pejabat Pemkab Mimika yang hadir turut memberikan ucapan selama kepadanya. (aro/ a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.