KPK Mimika Polisikan Penyebar Hoax

TIMIKA,TimeX

Yosep Temorubun Ketua Komunitas Pemuda Key (KPK) dan Simon Voctor Rahanjaan Sekjen KPK Mimika melaporkan penyebar hoax yang menyudutkan Suku Key sebagai pelaku pembunuhan di SP 2 di Polres Mimika pada Sabtu (1/5).

Foto: Ist./TimeX
TUNJUK – Yoseph Temorubun Ketua KPK (kanan) bersama Simon Voctor Rahanjaan Sekjen KPK Mimika menujukan Surat Laporan Polisi, Minggu (2/6).

“Malam ini ada kejadian pembunuhan di SP2 atas nama  Ismala Anau, orang Kei yang bunuh dari jalur 4 SP2,” demikian isi berita bohong yang dilanjutkan Yoseph dalam pesan WhatsAppnya kepada Timika eXpress pada Minggu (2/6).

Menyikapi sebaran berita bohong ini tulis Yoseph mendorong dirinya reaksi cepat melaporkan oknum TW kepada polisi karena dinilai sudah membawa nama Suku Key. Kasus ini dengan laporan polisi: LP/443/VI/2019/Papua Res.

Perbuatan oknum pelaku menyebarkan hoax melanggar Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE segaimana diubah dengan UU No. 11 Tahun 2018 tentang ITE Pasal 45A ayat (2) dan Pasal 28 ayat (2) dengan ancaman hukuman enam tahun penjara dan denda 1 milliar.

Ia menjelaskan pelaku menyebarkan hoax itu dikirim di Grup Eme Neme Yauware.

Menurutnya pesan yang beredar itu seharusnya tidak boleh membawa-bawa nama suku tertentu, karena akan menimbulkan rasa kebencian masyarakat terhadap Suku Key.

“Menurut kami berita tersebut sangat tendensius dan menimbulkan kebencian atau permusuhan baik individu atau kelompok masyarakat tertentu yang pada akhirnya dapat menimbulkan konflik SARA. Seharusnya setiap persoalan harus dilihat per person bukan secara kesukuan,” tulisnya.

Yoseph tegaskan KPK Mimika tidak menerima atas tuduhan disebarkan pelaku dialamatkan kepada Suku Kei.

Ia berharap setelah kasus ini dilaporkan ke pihak kepolisian bisa ada titik terang memberikan tindakan tegas sebagai bentuk edukasi kepada pelaku maupun warga Mimika lainnya untuk lebih cermat menggunakan media sosial, terutama tidak menyebarkan hoax yang menyudutkan agama dan suku tertentu. “Saya dan Simon Voctor Rahanjaan Sekjen KPK berharap polisi segera meringkus pelaku,” tulisnya. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.