Hasil Seleksi Administrasi CASN Mimika Dirahasiakan

Foto: Dok./TimeX
ANTRI – Puluhan warga maupun pelamar antri memasukan berkas lamaran atau pengiriman di loket Kantor Pos Cabang Timika, Senin (13/5).

TIMIKA,TimeX

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) masih merahasiakan hasil seleksi administrasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2018.

Padahal secara terjadwal pengumuman hasilnya  seleksi secara serentak sudah harus diumumkan 10 Juni 2018.

Namun karena bertepatan dengan hari libur Pentakosta kedua, sehingga baru akan diumumkan hari ini, Selasa (11/6).

Adapun pengumuman hasilnya setelah ada persetujuan dari Bupati Mimika Eltinus Omaleng selaku pejabat pembina kepegawaian.

Terkait rencana yang dinanti-nantikan ribuan pelamar CASN di Mimika, hingga tadi malam pukul 22:23 WIT, masih dikoordinasikan dengan Bupati Mimika.

“Sementara berkoordinasi dengan beliau,” tulis Marthen Paiding, Penjabat Sekda Mimika melalui pesan singkat whatsappnya tadi malam.

Sementara, Paskalis Kirwelakubun Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mimika mengatakan hasil verifikasi berkas administrasi yang diteliti pihaknya akan diserahkan ke Bupati Mimika Eltinus Omaleng untuk selanjutnya ditandatangani.

“Kami masih tunggu tandatangan bupati dulu setelah itu baru saya sampaikan. Saya tidak bisa sampaikan ke publik kalau belum laporkan ke bupati terlebih dahulu,” kata Paskalis singkat langsung matikan ponselnya saat dihubungi Timika eXpress, Senin (10/6).

Paskalis pun  masih merahasiakan berapa banyak CASN formasi umum tahun 2018 yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berkas fisik dari 4.353 pelamar dan 4.736 pelamar yang mendaftar secara online.

Termasuk berapa jumlah peserta non Papua maupun Papua yang lolos seleksi CASN.

Bahkan ia juga tidak menjelaskan secara detail apakah pengumumannya nanti secara online atau panitia menempelkan hasil seleksi administrasi secara manual.

Sebab, setelah pengumuman hasil seleksi administrasi, peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi harus langsung cetak kartu tes melalui akun masing-masing di situs SSCN.

Adapun waktu cetak kartu tes mulai hari ini, Selasa (11/6) sampai tanggal 17 Juni mendatang.

Sebagaimana diketahuii proses seleksi berkas fisik oleh tim BPKSDM berlangsung di BPKSDM SP 5.

Sebelumnya pada edisi Timika eXpres, Rabu (22/5) lalu, Paskalis menegaskan berkas fisik yang sudah masuk di BKPSDM sebanyak 4.353, jumlahnya berbanding terbalik dengan yang pendaftaran secara online yakni 4.736 orang.

Dari ribuan berkas itu ada beberapa sudah dinyatakan gugur, karena usia mereka melebihi dari batas umur 35 tahun yang sudah ditentukan, ada pula dinyatakan gugur alasan tempat kelahiran bukan di Papua.

Lebih lanjut, Marthen Paiding mengungkapkan rencana pengumuman hasil seleksi berkas CASN ini berpatokan pada  surat edaran Gubernur Provinsi Papua seharusnya pada Senin (10/6). Namun diundur  pada Selasa (11/6) hari ini karena masih dalam oktav Pentakosta.

Ia menegaskan bagi peserta jika sudah lolos seleksi berkas, barulah mereka mendapatkan nomor ujian.

Terkait dengan proses CASN ini kata Marthen Pemkab Mimika terus bangun koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Pemerintah Kabupaten Mimika membutuhkan 300 pegawai dengan alokasi formasi yakni, formasi tenaga guru 111 orang, formasi tenaga kesehatan 117 orang dan formasi tenaga teknis 72 orang.

Jadwal memasukan berkas CASN dimulai dari 24 April sampai 17 Mei 2019 lalu lewat loket kantor Pos Timika. Pendaftaran CANS secara online melalui situs sscn.bkn.go.id. Formasi untuk Kabupaten Mimika mulai dari jenjang SMA, D III dan S 1.

Dari kuota yang ada, 80 persen dikhususkan untuk putra putri Orang Asli Papua (OAP) lahir besar di Mimika dan 20 persen untuk non OAP juga lahir, besar dan sekolah  di Papua. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.