Empat Petak Bangunan Terbakar : Askar, Anwar dan Mahmudin Tinggal Pakaian di Badan

Foto: Tanto/TimeX
TERBAKAR – Tim Damkar memadamkan api yang membakar empat petakan di Jalan Cenderawasih SP 2  pada Selasa (11/6).

TIMIKA,TimeX

Empat petak bangunan semi permanen dengan konstruki kayu dan papan yang terletak di Jalan Cenderawasih SP2, di lahap si jago merah pada Selasa (11/6) sekira pukul 15.54 WIT.

Empat petakan tersebut terdiri dari dua petak tempat tinggal, satu kios serta satu petak bekas bengkel kini dijadikan gudang, semuanya ludes terbakar.  Kebakaran diduga kuat akibat korsleting listrik.

Atas musibah tersebut, ketiga penghuni petakan, yakni Askar, H. Anwar dan Mahmudin harus kehilangan seluruh harga benda dan barang berharga dan hanya tersisa pakaian di badan.

Diketahui, dua petak tempat tinggal dan satu kios tersebut dihuni oleh Askar, H Anwar dan Mahmudin.

Lokasi bangunan yang ludes terbakar menyisahkan puing itu letaknya persis di depan Perumahan Pemda Mimika, Kelurahan Timika Jaya SP2.

Kebakaran hebat itu tidak mendapat pertolongan, sebab tim Pemadam Kebakaran (Damkar) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika baru tiba di lokasi 30 menit berselang. Dari pantauan Timika eXpress, kedatangan tim Damkar dengan mengerahkan empat unit mobil tangki.

Petugas Damkar saat itu hanya memadamkan api dan puing sisa bangunan yang masih terbakar, setelah seluruh bangunan semi permanen itu ratah dengan tanah.

Asrya, salah seorang saksi kepada Timika eXpress di lokasi kejadian menuturkan, dirinya melihat sumber api awal muncul dari atas plafon kios petakan bagian tengah.

“Saya tidak tahu penyebab awalnya, karena saat itu saya sama anak ke rumah sebelah untuk masak nasi. Setelah kembali dan masuk ke dalam kios api sudah besar dan langsung minta tolong karena api cepat merambat dan besar,” tuturnya.

Ia menuturkan petakan bagian tengah itu milik orangtuanya yang sedang pulang kampung karena sakit.

“Saya hanya jaga saja, rumah saya di SP2,” katanya.

Akibat dari kebakaran tersebut ia belum tahu berapa total kerugian. Pasalnya, emas, barang-barang kios dan uang senilai kurang lebih Rp 10 juta ludes terbakar.

Selain emas dan uang Rp 10 juta sebutnya ada satu sepeda motor Jupiter Z serta jaring ikan senilai Rp 70 juta semuanya terbakar.

Sementara Askar yang ditemui di lokasi juga tidak mengetahui sama sekali awal kebakaran lantas saat itu lagi tidak ada di rumah.

Foto: Tanto/TimeX
TERBAKAR – Tim Damkar memadamkan api yang membakar empat petakan di Jalan Cenderawasih SP 2  pada Selasa (11/6).

“Saya tidak tahu sama sekali dan saya datang sudah terbakar semua bangunan. Tidak ada barang-barang berharga atau apapun yang bisa kami selamatkan hanya pakian di badan saja,” tuturnya.

Aipda Ramli Paur Infis Reskrim Polres Mimika usai  olah TKP kepada wartawan menyampaikan dari keterangan saksi-saksi api berasal dari plafon petakan bagian tengah. Kebakaran ini disinyalir bersumber arus pendek listrik.

“Dari hasil olah TKP kita ambil sampelnya yang dijadikan sebagai barang bukti berupa serabut kabel. Dan untuk kerugian keseluruhan empat petakan itu diperkirakan sekitar 200 juta,” ungkapnya. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.