3.926 Peserta Perebutkan 300 Kuota CASN di Mimika

>>Pelamar Non Papua Mendominasi

ANTRI – Puluhan warga maupun pelamar antri memasukan berkas lamaran atau pengiriman di loket Kantor Pos Cabang Timika

 

TIMIKA,TimeX

Sebanyak 3.926 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika akan bertarung memperebutkan 300 kuota CASN formasi umum tahun 2018 di wilayah setempat.

Dari jumlah 3.926, didominasi pelamar non Papua mencapai 2.446 orang, sementara Orang Asli Papua (OAP) hanya 1.480 orang.

Uniknya pasca diumumkan hasil verifikasi berkas CASN secara online pada Selasa (11/6), sejumlah peserta yang dinyatakan tidak lolos seleksi CASN, sempat mendatangi Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Jalan Poros SP5, pada Rabu (12/6).

Marthen B, salah satu pelamar seleksi CASN yang mendatangi Kantor BKPSDM mengaku heran kalau dirinya dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Padahal saat mendaftar secara online, seluruh berkas yang dimaksukan diterima.

“Saya heran kenapa tidak lulus, padahal waktu daftar online sistem terima,” tutur Marthen saat ditemui Timika eXpress di Kantor BKPSDM SP 5, Rabu (12/6).

Menjawab hal tersebut, Marthen Paiding selaku Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika membenarkan hasil verifikasi berkas banyak menuai protes serta pertanyaan dari sejumlah peserta seleksi yang dinyatakan tidak lolos seleksi berkas administrasi.

“Ada yang tanyakan kenapa mereka diterima di sistem online saat mendaftar. Lalu saat pengumuman dinyatakan tidak lolos,” kata Marthen.

Menurut dia, pendaftaran CASN melalui dua tahapan proses, yakni pendaftaran secara online tetap melalui prosesi verifikasi berkas faktual, dan berkas peserta yang memenuhi syarat yang dinyatakan lolos.

“Online itu hanya daftar saja. Jelas sistem terima tetapi hasilnya berdasarkan kajian dan penilaian tim verifikasi. Sehingga yang memenuhi klasifikasi syarat ketentuan yang diterima,” jelasnya.

Mantan Kepala Inspektorat juga menguraikan jumlah pendaftar CASN kategori non Papua sebanyak 4.749 orang. Dari total tersebut 2.446 dinyatakan memenuhi syarat dan 2.303 tidak memenuhi syarat.

Sedangkan pelamar Orang Asli Papua (OAP) sebanyak 2.018, yang dinyatakan memenuhi syarat hanya 1.480, sisanya 538 tidak memenuhi syarat.

>>>Kartu Peserta Dicetak Pelamar                 

Sementara Paskalis Kirwelakubun Kepala BKPSDM Mimika mengatakan, setelah ini, 3.926 pelamar yang lolos seleksi administrasi sudah dapat mencetak kartu peserta tes.

“Peserta bisa cetak di mana saja. Kan lewat sistem masing-masing,” kata Paskalis saat dihubungi Timika eXpress via telepon, Rabu (12/6).

Mantan Kadistrik Mimika Timur ini menambahkan jadwal tes CASN pada 19 Juni mendatang, lokasinya di SMP Negeri 2 Timika. Fasilitas yang disediakan ada 120 komputer. Peserta mengikuti tes dibagi menjadi dua sesi.

Secara terpisah, Tania Sihombing Kepala SMP Negeri 2 mengatakan siap mendukung pelaksanaan tes CASN dengan memanfaatkan fasilitas maupun ruangan kelas di civitas pendidikan setempat.

Terkait kesiapan perangkat komputer, Tania menolak untuk mengomentari lebih jauh.

“Saya tidak ingin sampaikan berapa perangkat komputer kami. Intinya kami siap,” katanya.

Adapun Kabupaten Mimika membutuhkan 300 kuota PNS dengan alokasi formasi tenaga guru sebanyak 111 orang, tenaga kesehatan 117 orang dan formasi tenaga teknis 72 orang.

Dimana dimulai dengan memasukan berkas CASN pada 24 April sampai 17 Mei 2019, baik secara online maupun melalui loket Kantor Pos Timika. Untuk pendaftaran CASN secara online melalui situs sscn.bkn.go.id. Formasi untuk Kabupaten Mimika mulai dari jenjang SMA, D III dan Strata Saru (S1).

Dari kuota yang ada, 80 persen dikhususkan untuk putra putri Orang Asli Papua (OAP) lahir besar di Mimika dan 20 persen untuk non OAP juga lahir, besar dan sekolah  di Papua. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.