Wabup Lepas 265 CJH Mimika, Pulang jadi Penyejuk Keluarga dan Masyarakat

Foto: SantI/TimeX
MENYERAHKAN – Yohanis Bassang Wakil Bupati Mimika menyerahkan bendera merah putih kepada Parjono perwakilan calon jamaah haji Mimika sekaligus ketua rombongan pada acara pelepasan di ENY pada Senin (8/7).

TIMIKA,TimeX

Yohanis Bassang Wakil Bupati Mimika melepas 265 Jamaah Calon Haji (JCH) kloter 18 Kabupaten Mimika menuju Makassar.

Prosesi pelepasan di Graha Eme Neme Yauware, Senin (8/7), ditandai penyematan syal dan penyerahan bendera merah putih oleh Yohanis Bassang kepada Parjono perwakilan CJH laki-laki sekaligus ketua rombongan dan seorang perwakilan perempuan.

Rombongan jamaah haji Mimika 265 orang, terdiri atas laki-laki sebanyak 114 orang dan perempuan sebanyak 151 orang.

Dari jumlah tersebut, terdapat dua peserta CJH tertua dan termuda. CJH tertua berusia 91 tahun atas nama Bato Bin Purasi (laki-laki) dan Sarai Binti Maddati (perempuan).

Sementara peserta CJH termuda, yaitu Bustan (30) (laki-laki) dan Ayu Puspita Binti Alimuddin (25) (perempuan).

Bassang dalam sambutan mengingatkan 265 calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji di tanah suci diharapkan sekembalinya nanti bisa menjadi penyejuk untuk keluarga dan masyarakat Mimika.

“Hari ini (Senin-red) melepas duta-duta dari Mimika untuk menunaikan ibadah haji. Sebagai pemerintah dan masyarakat Mimika tentunya bangga karena ada saudara-saudari yang mewakili dan membawa nama baik Kabupaten Mimika ke tanah suci,” kata Bassang.

Orang nomor dua di Pemkab Mimika ini mengajak masyarakat Mimika mendoakan calon jamaah haji agar selama menunaikan lima rukun islam ini diberkati oleh Yang Maha Kuasa dan kembali ke Kabupaten Mimika menjadi pendamai dan penyejuk.

Bangsa ini ujarnya, didirikan oleh para pejuang dari berbagai macam golongan dan kesatuan. Itu semua sudah menjadi harga mati bangsa ini. Tidak bagus hidup ini hanya satu macam warna, hidup ini akan indah kalau ada banyak macam warna dan perbedaan. Seperti gedung ini tidak akan bagus jika hanya dibangun dari satu material saja tetapi dari berbagai unsur sehingga bangunan ini berdiri kokoh

“Kami atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Mimika mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji dan dapat kembali dengan sehat walafiat serta berkumpul kembali dengan keluarga,” doanya.

Sementara Utler Adrianus, Kepala Kementerian Agama Mimika merincikan dari 265 calon jamaah haji terdiri dari 114 laki-laki dan 151 perempuan.

“Calon jamaah haji Kabupaten Mimika tergolong dalam kloter 18 yang hari ini akan diberangkatkan menuju Makassar. Dan selanjutnya pada tanggal 17 Juli 2019 mendatang akan masuk asrama haji untuk mengikuti pembinaan dan pemantapan kloter yang dilaksanakan oleh Bidang Haji dan Bimas Islam Kanwil Provinsi Papua,” jelas Utler.

Ia menambahkan sesuai jadwal pada Kamis 18 Juli 2019 dilaksanakan acara serah terima calon jamaah haji kloter 18 dari Pemerintah Provinsi Papua ke petugas PPIH Embarkasi Makassar pukul 09.30 WITA.

Selanjutnya, Jumat 19 Juli 2019 pukul 19.00 WITA acara pelepasan kloter 18 calon jamaah haji dari Provinsi Papua oleh petugas PPIH Embarkasi bersama perwakilan Pemerintah Papua dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua berangkat ke Arab Saudi.

“Nanti tanggal 19 Juli 2019 pukul 21.45 WITA calon jamaah haji 18 Embarkasi Makassar terbang menuju Airpot King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi dan diperkirakan tiba di sana pada hari Sabtu 20 Juli 2019 pukul 03.30 WAS,” ungkapnya. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.