Tax Goes To Mall Diwarnai Pembagian Doorprize, Warga Rasakan Kemudahan Bayar PBB-P2

Foto: Santi/TimeX
BAYAR – Petugas melayani wajib pajak yang datang membayar PPB-P2 di Diana pada hari kedua Tax Goes To Mall, Kamis (11/7).

TIMIKA,TimeX

Pelaksanaan Tax Goes To Mall digagas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika di lantai II Diana Shooping Center pada hari kedua diwarnai pembagian doorprize, Kamis (11/7).

Hadiah-hadiah yang disediakan panitia seperti payung, baju kaos, peralatan dapur dan lain-lain sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat untuk menggerakan ‘sadar pajak’. Pemberian hadiah ini diawali mengajukan pertanyaan kepada Wajib Pajak (WP) yang datang membayar. Salah satu WP, Jitmau seorang ASN yang bertugas di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mimika mendapat doorprize berupa baju kaos setelah menjawab kepanjangan PBB-P2.

Program ini dari sebelumnya dikenal ‘Pekan Panutan Pajak’ mendapat antusias dari Muhammad Anwar salah satu warga Mimika sebagai wajib pajak.

Muhammad sungguh merasakan kemudahan pelayanan membayar Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang diselenggarakan Bapenda Mimika dalam program Tax Goes To Mall.

Muhammad yang ditemui Timika eXpress di Diana pada hari kedua menuturkan saat itu dirinya bersama sang istri datang ke Diana  bukan tujuan membayar pajak melainkan untuk berbelanja. Namun melihat ada pelayanan ia mendekati petugas sekedar bertanya-tanya menggali informasi seputar pajak. Setelah mendapat penjelasan dari petugas meskipun tanpa membawa surat bukti pembayaran pajak tahun sebelumnya bisa diproses dengan syarat membawa KTP.

“Saya dan istri lihat ada kegiatan bayar pajak jadi kami singgah, bertanya-tanya dulu karena kami tidak bawa surat pembayarannya. Tapi ternyata walau tidak bawa surat itu hanya menunjukkan KTP saja mereka bisa cetak baru dan kami bayar. Jadi saya sangat senang karena mudah. Kami juga suka lupa bayar ke Kantor Bapenda,” ungkapnya.

Program Tax Goes To Mall hari kedua dimulai pukul 09.00 hingga pukul 20.00 WIT Bapenda mendapat penerimaan Rp113.966.040 yang disetor oleh 228 Wajib Pajak. Sementara pada hari pertama, Rabu (10/7) dibuka pukul 10.00 hingga pukul 20.00 WIT total penerimaan dari 106 wajib pajak Rp 125.000.000.

“Di hari kedua ini juga diharapkan bisa lebih meningkat lagi dari hari pertama agar target yang diberikan bisa kami capai,” tutur Dwi Cholifa Kepala Bapenda saat dihubungi Timika eXpress via ponsel, Kamis (11/7).

Dwi mengatakan acara ini sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam rangka mengoptimalkan pelayanan prima. Selain itu permudah masyarakat untuk memproses pelaporan dan pembayaran pajak daerah on the spot.

“Kami ingin memberikan layanan ekstra bagi masyarakat, utamanya para Wajib Pajak sehingga mereka bisa langsung membayar kewajiban pajak di lokasi tidak perlu ke kantor lagi,” tutur Dwi. (san/tio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.