KPU Mimika Tetapkan 35 Caleg Terpilih Hari Ini

Foto: Rina/TimeX
RAPAT – Suasana rapat koordinasi KPU dan Forkopimda di Hotel Horison Ultima, Rabu (31/7) malam.

 TIMIKA,TimeX

Indra Ebang Ola Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menegaskan KPU sebagai lembaga penyelenggara pesta demokrasi siap menjalankan rapat pleno penetapan kursi dan 35 Caleg terpilih periode 2019-2024 di Graha Eme Neme Yauware pada hari ini, Kamis (1/8) sekira pukul 10.00 WIT.

“Kami pada intinya siap untuk melaksanakan pleno tersebut. Dimana kami sebelumnya juga telah menyepakatinya dengan Bawaslu Mimika,” kata Indra kepada Timika eXpress usai rapat koordinasi dengan Forkopimda secara tertutup di Hotel Horison, Rabu (31/7) malam.

Indra menegaskan pleno penetapan ini berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Dan kita harap siapapun caleg yang terpilih maka dia bisa menjalankan amanat dari rakyat,” ujarnya.

Bahkan dirinya mengucapkan terimakasih atas peran dan kontrol Bawaslu selama ini. Pleno ini merupakan tanggung jawab bersama terkait situasi kamtibmas.

Sementara Marthen Paiding Penjabat Sekda Mimika mengatakan dirinya ditugaskan mewakili Bupati Mimika hadir dalam rapat koordinasi dan juga pleno terbuka pada besok (hari ini-red).

“Berhubung beliau sedang berhalangan hadir, sehingga saya yang ditugaskan untuk membacakan sambutan beliau. Tentunya, kehadiran hanya sebagai perwakilan beliau saja,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan terpilihnya 35 anggota DPRD Mimika ini maka penyelenggaraan pemilu yang selama ini dilaksanakan berarti telah terwujud.

“Itu adalah harapan masyarakat dan harapan pemerintah juga. Mereka yang terpilih ini akan benar-benar menjadi mitra pemerintah yang dapat melaksanakan pembangunan,” katanya.

Sementara AKBP Agung Marlianto Kapolres Mimika menyatakan siap mendukung penuh mewujudkan keamanan di Kabupaten Mimika.

“Kami juga sangat apresiasi dan mendukung tindakan Forum Kerukunan Umat Beragama yang selama ini yang telah membantu aparat keamanan. Karena mereka telah bekerja keras melakukan doa bersama untuk menciptakan pemilu damai,” ujarnya.

Orang nomor satu di Polres Mimika itu mengharapkan agar sebelum rapat pleno terlebih dahulu dimulai dengan doa bersama lima agama.

“Kami tentunya akan mengawasi dan menjalankan kegiatan pleno tersebut. Dan bagi anggota DPRD yang terpilih kami ucapkan selamat dan diharapkan dapat menjalankan suara masyarakat ke depannya,” terangnya.

Agung juga berpesan agar kesalahan yang telah terjadi beberapa waktu lalu tidak terulang kembali.

“Pada intinya kami baik TNI-Polri serta tokoh masyarakat akan mensupport dan akan melakukan koordinasi serta imbauan kamtibmas untuk tidak mengerahkan massa dalam keputusan final. Diharapkan semuanya dapat bersama-sama menjaga kamtibmas di Kota Timika,” harapnya. (aro)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.