Empat Club Panahan Mimika Merebut Medali Emas

Foto: Indri/TimeX
LOMBA – Peserta sementara mengikuti lomba panah di halaman Masjid Babusalam Jalan Ki Hajar Dewantara pada pekan lalu.

TIMIKA,TimeX

Empat club panahan Kabupaten Mimika, diantaranya Cenderawasi Achery Club, Tembagapura Achery Club, Arjuna Achery Club dan Lemangkawi Achery Club berlomba memperebutkan medali emas dalam kompetisi panahan Babusalam Scoring Day yang digelar oleh Lemangkawi Achery Club di halaman Masjib Babubsalam, Sabtu (3/8) pekan lalu.

Menurut Yoslan Mulky Ketua Club Panahan Lemangkawi Club jumlah atlet yang mengikui kompetisi Babusalam Scoring Day sebanyak 50 atlet, terdiri dari Cenderawasi Achery Club 26 atlet,  Tembagapura Achery Club 2 atlet,  Arjuda Achery Club satu atlet dan tuan rumah Lemangkawi Achery Club 21 atlet.

Yoslan menyebutkan ada empat kelas yang diperantandingkan yaitu, kelas 10 meter pemula putra-putri, kelas 15 meter, 20 meter dan kelas 30 meter umum. Selain itu juga ada kelas eksebisi Persatuan Panahan Berkuda Indonesia (Perdana) Papua.

Dari lomba tersebut, untuk Standard Bow 10 Meter  Putri, dimenangkan oleh  Humairah dari SD Hidayatullah dengan meraih juara satu. Ia berhak memebawa pulang satu emas, piagam dan uang pembinaan. Juara dua dimenangkan oleh Aqila dari SD Smart Kids dengan membawa satu medali perunggu dan uang pembinaan, medali perak diraih oleh Dede Sahra dari SD Hidayatullah yang merupakan juara tiga.

Sedangkan untuk Standard Bow 10 Meter Putra juara satu diraih oleh Ilyas dari Club Lemangkawi Archery School. Ia berhasil membawa satu medali emas, piagam dan uang pembinaan, untuk juara dua diraih oleh Daniel dari Cendrawasih Archery Club, Adzin Rafif SD Hidayatullah juara tiga.

Untuk Standar  Bow 15 Meter Prestasi Putri, juara satu diraih oleh Azkiya dari Club Nemangkawi Archeri School dengan mendapatkan medali emas, untuk juara dua Keysha  dari SD Hidayatullah, juara tiga adalah Aqila dari SD Smart Kids. Sedangkan standar  bow 15 meter prestasi putra dimenangkan oleh Rasya-Nemangkawi Archery School, juara dua diraih oleh Ilyas dari club Lemangkawi Archery Scool, juara tiga Juan SMP Negeri 2 Timika.

Standar bow 20 meter prestasi putra, juara satu diraih oleh Ahmad Yusuf dari SD Yapis Timika, juara dua  Rasya – NAS dan juara tiga diraih oleh Haruan dari SD Impres 4 Nawaripi.

Sedangkan standar bow 20 meter prestasi putri juara satu diraih oleh Yasmin SD Hidayatullah, juara dua diraih oleh  Humaira dari SD Hidayatullah, juara tiga Keysha SD Hidayatullah.

Untuk standar bow 30 meter umum putra juara satu diraih oleh  zuhri dari Tembagapura Archery club, juara dua adalah Ahmad Yusuf dari SD Yapis dan juara tiga diraih Erry Setiawan dari Tembagapura Archery Club.

Sedangkan standar bow 30 meter umum putri  juara sau diraih oleh Yasmin dari SD Hidayatullah, perunggu diraih oleh Keysha SD Hidayatullah dan perak diraih oleh Ariqha – Nemangkawi Archeey school.

Kerry Yarangga, Ketua Cabang Olahraga Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) sangat berterima kasih kepada Lemangkawi Achery Club yang sudah mengelar kompetisi ini guna menjaring atlet-atlet berprestasi.

Karena kedepan Permani memiliki target yakni menjaring 1000 atlet panahan, selain itu juga cita-cita besarnya agar oalahraga panahan ini bisa lebih memasyarakat.

“Perpani Mimika mengucapan terima kasih kepada semua yang ikut berpartisipasi dikegiatan ini, harapnya bakat banyak anak kita tersalur,” tutur Kerry.

Kedepan dari Perpani sesuai arahan Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) agar Perpani lebih banyak melatih panahan pemula.

“Kita akan bantu memfasilitasi lewat KONI dan membantu bagaimana memasyarakatkan panahan di Kabupaten Mimika,” pungkasnya. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.