Kenang Jasa Pahlawan HUT RI ke-74, Pemkab Mimika Tabur Bunga di Pomako

 

Foto: Indri/TimeX
KRANS BUNGA – Yohanis Bassang Wakil Bupati Mimika didampingi komandan satuan TNI-Polri memegang krans bunga untuk dilepaskan ke laut di PPI Pomako, Selasa (13/8).

TIMIKA,TimeX

Mengenang jasa pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dalam menyambut HUT RI ke-74, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan upacara tabur bunga di perairan lepas depan Kantor Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako, Selasa (13/8).

Prosesi yang berlangsung khidmat ini dimpimpin oleh Yohanis Bassang Wakil Bupati (Wabup) Mimika.

Pantauan Timika eXpress pelaksanaan tabur bunga di tengah guyuran hujan lebat tidak menyurutkan niat pasukan TNI-Polri, Tim SAR Timika dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), termasuk kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Mimika yang turut hadir.

Yohanis Bassang Wakil Bupati Mimika usai menabur bunga, mengatakan upacara tabur bunga ini dilakukan untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang sudah gugur berjuang merebut kemerdekaan dengan mengorbankan jiwa raganya untuk NKRI.

Bassang mengajak generasi muda saat ini untuk mengenang dan menghormati jasa para kesuma bangsa, salah satunya melalui upacara tabur bunga di laut, karena tanpa perjuangan mereka Indonesia tidak akan seperti saat ini.

“Kalau tidak ada mereka kita tidak bisa menghirup udara bebas. Jadi kita harus bersyukur. Saya pikir tidak sulit bagi kita untuk melakukan penghormatan seperti ini, karena tidak sebanding dengan pengorbanan para pahlawan dulu,” katanya.

Usai upacara pembukaan seperti biasanya dilanjutkan menabur bunga secara bersama-sama oleh Yohanis Bassang dengan melepaskan krans bunga ke laut, diikuti Waka Polres Mimika Kompol I Nyoman Punia, Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding, Kepala Kejaksaan Negeri Timika dan para pimpinan satuan TNI AD, TNI AL, TNI AU, para asisten Setda Mimika serta pimpinan OPD. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.