Pelantikan Bupati-Wabup Terpilih Bakal Diwarnai Pesta Rakyat

 

Foto: Dok./TimeX
DISKUSI – Eltinus Omaleng dan Yohanes Rettob, Bupati dan Wakil Bupati terpilih serius diskusi saat mengikuti sidang paripurna istimewa dengan agenda penetapan Bupati dan Wakil Bupati Mimika terpilih di ruang  sidang utama DPRD Mimika pada Rabu (20/3) lalu.

TIMIKA,TimeX

Marthen Paiding Penjabat Sekda Mimika mengungkapkan usai acara seremonial pelantikan Eltinus Omaleng dan Yohanes Rettob selaku Bupati dan Wakil Bupati Mimika terpilih periode 2019-2024, bakal diwarnai pesta rakyat sebagai ungkapan syukur.

“Soal pesta rakyat itu bukan dari Pemkab yang lakukan tetapi dari panitia pelantikan. Pemkab hanya siapkan seremonial pelantikannya saja,” ujar Marthen kepada Timika eXpress di sela-sela melepas peserta parade kendaraan hias berwawasan nusantara di Pusat Pemerintahan (Puspem) SP 3, Rabu (14/8).

Marthen pastikan Pemkab Mimika telah menyiapkan anggaran pelantikan dan dananya lumayan besar, namun ia menolak memberitahu besarnya anggaran tersebut.

“Pokoknya cukuplah untuk acara pelantikan,” ujarnya singkat.

Menyinggung jadwal pelantikan, mantan Kepala Inspektorat Mimika ini mengaku sampai hari ini belum mendapat surat pemberitahuan resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Provinsi Papua.

“Kami memang sudah minta melalui DPRD agar pelantikan nanti di Mimika saja meski sebelumnya telah ada peryataan dari Sekda Provinsi yang sudah memastikan bahwa pelantikan tetap akan dilaksanakan di Mimika. Memang sudah ada pernyataan Sekda tetapi surat resminya itu yang belum ada,” paparnya.

Menurutnya, jika memang pelantikan di Jayapura pemerintah tetap siapkan anggaran untuk membiayai para pejabat untuk menghadiri pelantikan di Jayapura.

“Masyarakat meminta di Mimika saja digelar karena panitia juga sudah rancang soal pesta rakyat. Ini merupakan wujud syukur masyarakat karena terpilihnya  bupati dan Wabup baru,” katanya.

Sementara sebelumnya Titus Emanuel Adopehan Hery Dosinaen Sekretaris  Propinsi Papua saat ditemui Timika eXpress di sela-sela melayat di rumah duka Klemen Tinal Wakil Gubernur Papua, SP 3 Kelurahan Karang Senang Distrik Kuala Kencana, Kamis (4/7) lalu menjelaskan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menyetujui usulan pelantikan Bupati Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Mimika Yohanes Rettob terpilih periode 2019-2024 pada Pilkada serentak 27 Juni 2018 lalu berlangsung di Kabupaten Mimika.

Ia mengatakan sesuai jadwal pelantikan tepat pada 6 September sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Bupati Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Yohanes Bassang (OMBAS) pada periode pertama 2014-2019. Keduanya lolos melalui jalur independen.

“Saat ini belum ada perubahan soal tanggal ataupun tempat pelantikan,” tuturnya.

Pasangan Eltinus Omaleng dan Yohanes Rettob dengan tagline OMTOB dalam perhelatan  diusung oleh 12 Partai Politik (Parpol).

Pasangan OMTOB ini ditetapkan oleh DPRD Mimika dalam sidang paripurna istimewa dengan agenda penetapan Bupati dan Wakil Bupati Mimika terpilih di ruang  sidang utama DPRD Mimika pada Rabu (20/3) lalu.

Rapat dimulai pukul 10.00 WIT dipimpin oleh Elminus B Mom Ketua DPRD Mimika didamping John Magal Wakil Ketua I DPRD Mimika dan Nathaniel Murib Wakil Ketua II DPRD Mimika dan dihadiri anggota DPRD Mimika serta pimpinan OPD maupun, TNI-Polri dan undangan lainnya.

Pengumuman penetapan calon Bupati dan Wabup Mimika terpilih periode 2019-2024 berdasarkan SK KPU Nomor: 32/HK.03.1.Kpt/9109/KPU-Kab/IX/2018, tentang Penetapan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pemilu Bupati dan Wakil Bupati pada 27 Juni 2018 lalu.

SK ini ditandatangani oleh Theodorus Kosay Ketua KPU Provinsi Papua sekaligus KPU Mimika. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.