111 Napi Lapas Timika dapat Remisi Kemerdekaan

TIMIKA,TimeX

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akhirnya menyetujui usulan remisi umum dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74, yang diajukan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Mimika pada Bulan Juli lalu.

foto: Dok.TimeX
Marojahan Doloksaribu

Dari usulan 111 Narapidana (Napi) untuk menerima remisi atau pengurangan hukuman pada momen HUT RI ke-74, Sabtu, 17 Agustus 2019, semuanya disetujui oleh Kemenkumham.

“Dari 111 Napi yang kami usulkan dapat remisi sejak Bulan Juni lalu, semuanya diakomodir, tapi yang diberikan hanya Remisi Umum Satu (RU-1). Tidak ada yang dapat remisi  bebas,”  ujar Marojahan Doloksaribu, Kalapas Kelas IIB Timika saat dikonfirmasi Timika eXpress via WhatsAppnya, Kamis (15/8).

Ia menambahkan 111 Napi yang diusulkan dapat remisi umum adalah yang telah berkekuatan hukum tetap dan tengah menjalani sisa masa tahanan.

“Dari 111 Napi yang kita usulkan terima remisi umum, ini tidak termasuk Napi khusus yang ada 86 orang dan Napi tersangkut Tipikor 10 orang,” jelasnya.

Penilaian terhadap Napi yang diusulkan menerima remisi umum karena dinilai berkelakuan baik, dan telah menjalani masa tahanan di atas enam bulan.

Jumlah keseluruhan  Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) penghuni Lapas Kelas II B Timika di Kampung Limau Asri, SP5, Distrik Iwaka sebanyak 318 orang.

Sementara untuk rekapitulasi remisi umum 17 Agustus 2019 bagi Narapidana dan anak pidana yang disetujui Kemenkumham untuk UPT di Provinsi Papua ada 1.278 Napi.

Dari jumlah tersebut, dirincikan Lapas Kelas II A Abepura terdata 395 orang, Lapas Kelas II A Narkotika Jayapura 202 orang, Lapas Kelas IIB Merauke 233 orang, Lapas Kelas IIB Biak 42 orang.

Lainnya, Lapas Kelas IIB Serui 69 orang, Lapas Kelas IIB Nabire 91 orang, Lapas Kelas IIB Wamena 90 orang, Cabang Rutan Tanah Merah 15 orang, Lapas Perempuan Kelas III Jayapura 30 orang. (aro)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.