Sukseskan PON XX-Pesparawi, Pemkab Mimika Anggarkan Rp 300 Miliar

 

Ilustrasi

TIMIKA,TimeX

Mendukung mensukseskan dua hajatan besar yakni Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendantang Pemerintah Kabupaten Mimika bakal menganggarkan Rp300 miliar, dengan rincian Rp 100 miliar untuk kegiatan Pesparawi dan Rp 200 miliar untuk PON XX. Sumber anggaran ini nantinya masuk pada APBD 2020 Mimika.

“Anggaran untuk PON XX 2020 ini, dianggarkan Pemkab Mimika hanya untuk antisipasi saja, karena anggaran yang diharapkan dapat mendukung PON yakni Dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun ini merosot sangat jauh yakni Rp 78 miliar, yang mana sebelunya untuk Mimika menerima Rp124 miliar kini hanya Rp31 miliar saja, dari provinsi juga sudah potong Rp 2 miliar,”  jelas Omaleng kepada wartawan di sela-sela pengukuhan 35 anggota Paskibra di Graha Eme Neme Yauware, Jumat (16/8) malam.

Ia mengatakan adanya pemotongan ini dengan begitu semua program yang didanai dari Otsus terpaksa harus pending. “Jadi kita anggarkan itu semuanya hanya untuk kepentingan PON,” katanya.

Eltinus juga membantah adanya isu PON XX 2020 akan ditunda.

Menurutnya enam kabupaten/kota yang menjadi klaster pelaksana sudah sangat siap, hanya saja ada Kabupaten Yapen dan Tolikara meminta kepada Gubernur Papua supaya pelaksanaan PON XX juga di dua kabupaten itu.

“Itu yang kami diundang bertemu membicarakan hal ini, mengingat di dua kabupaten belum tersedia akomodasi, juga kendaraan agak sulit,” katanya.

Intinya kata Eltinus, enam kabupaten/kota telah  siap sehingga tidak ada alasan menunda PON di Papua.

Kesiapan Mimika menyambut PON XX 2020 ini telah ia presentasikan kepada Kemenpora beberapa waktu lalu di Jakarta, baik dari sisi infrastruktur pendukung PON, ketersediaan air bersih maupun venue.

“Saya sudah presentasikan ke Kemenpora, saya juga katakan kalau Venue Futsal akan segera rampung,” katanya.

Bahkan untuk penganggaran pembangunan infrastruktur GOR rencananya dianggarkan dari Pusat sebesar Rp 15 miliar dan Pemkab Mimika hanya diminta menyiapkan lahan serta timbunan. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.