Sehari Warga Mimika Hasilkan 300 Ton Sampah

Foto: Santi/TimeX
SAMPAH – Petugas kebersihan sedang mengangkat tumpukan sampah untuk dimasukan dalam truk sampah, Senin (9/9).

TIMIKA,TimeX

Dalam sehari warga Mimika hasilkan sampah basah dan kering mencapai 300 ton. Proses pengangkutan sampah ini sedikit mengalami kendala lantas keterbatasan armada pengakutan dari kota menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Iwaka.

“Produksi sampah di Mimika itu rata-rata perhari sekitar 300 ton. Sedangkan yang bisa tercover oleh DLH atau petugas kebersihan hanya 150 ton dengan armada yang ada saat ini. Bayangkan sebanyak 150 ton sampah lagi di Mimika tidak terurai,” tutur Limi Mokodompit Kepala DLH saat ditemui Timika eXpress di Pendopo Rumah Negara, Senin (9/9).

Limi mengatakan ini menjadi perhatian dari DLH oleh sebab itu pihaknya harus menambah 12 unit kendaraan truck sampah dan 10 unit roda tiga serta tenaga pengangkut juga perlu ditambah.

Ia menyebutkan armada yang tersedia sekarang  27 unit terdiri dari 12 dump truck dan 15 unit roda tiga yang semuanya hanya mampu mengangkut sampah 150 ton perharinya.

“Kami mulai tahun ini dan tahun depan akan lengkapi itu termasuk tenaganya, yang ada sekarang 150 orang sudah termasuk supir, operator alat berat, pengawas, mekanik dan pengangkut. Kami masih butuh 70 tenaga lagi dan 22 armada lagi untuk bisa mengkover sampah di Mimika yang mencapai 300 ton perhari.  Di Biak saja yang tidak ada sampah tetapi tenaga sampai 700 orang,” ujarnya.

Limi berharap masyarakat Mimika dapat menjadi masyarakat yang sadar terhadap persoalan sampah. Tidak membuang sampah sembarangan, apa lagi buang sampah ke drainase atau kali nantinya tersumbat menimbulkan bencana dan penyakit.

“Kebanyakan di Mimika drainasenya tidak jalan dan jika buang sampah sembarangan, yang ada kalau hujan akan mengakibatkan banjir. Lingkungan yang bersih itu berawal dari diri kita sendiri dulu,” ungkapnya. (san)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.