DPM-PTSP Telah Terbitkan 3.000 Izin

Foto: Dok./TimeX
Lopianus Fuakubun

“Untuk pengurusan ijin kita sudah sangat permudah dan kita usahakan lebih cepat, yang lama itu mengurus sendiri atau titip di orang. Kalau datang sendiri di kantor maka prosesnya akan lebih cepat, yang kita kuatirkan itu mereka titipkan lewat orang mungkin teman atau saudaranya”

 

 

TIMIKA,TimeX

Sepanjang Januari hingga Agustus 2019, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Mimika telah menerbitkan 3.000  surat izin. Dari jumlah tersebut paling banyak pengurusan Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP).

Demikian disampaikan Lopianus Fuakubun Kepala DPM-PTSP Mimika saat ditemui Timika eXpress disela-sela pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mimika pekan lalu.

Lopianus menyebutkan ijin yang dilayani sebanyak 26 jenis dan pengurusan ijin yang dilakukan sangat mudah, tidak dipersulit dan prosesnya sangat cepat.

“Untuk pengurusan ijin kita sudah sangat permudah dan kita usahakan lebih cepat, yang lama itu titip di orang. Kalau datang sendiri di kantor maka prosesnya akan lebih cepat, yang kita kuatirkan itu mereka titipkan lewat orang mungkin teman atau saudaranya,” tutur Lopianus.

Mantan Kepala Dinas Tata Kota ini pastikan pelaksanaan pelayanan perijinan terbagi dalam dua hal, yakni Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Standar pelayanan meliputi syarat administrasi, biaya hingga waktu pengeluaran ijin tersebut. Sementara SOP melingkupi pendaftaran, verifikasi hingga pemohon menerima dokumen ijin yang diajukannya.

Ia mendorong pemohon dapat mengurusnya sendiri agar mengetahui persis berapa besar biayanya, berapa lama dan lain sebagainya dengan begitu menghindari adanya calo-calo.

“Setahu saya ijin tidak pernah lama, kalau saya tidak ada dinas luar paling satu sampai dua hari kita sudah proses, kecuali saya pergi dinas luar empat sampai lima hari pasti akan tunggu tanda tangan dari saya dulu, tapi selama ini sangat cepat,” ungkapnya. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.