Blanko e-KTP Kosong, Disdukcapil Keluarkan Suket

TIMIKA,TimeX

Hampir seminggu blanko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan  Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika mengalami kekosongan. Sebagai pegangan sementara sekaligus membuktikan bahwa warga sudah rekam hanya diberikan Surat Keterangan (Suket). Memang pencetakan Suket telah dilarang oleh Pemerintah Pusat tetapi karena keadaan inilah mengharuskan Disdukcapil harus keluarkan Suket.

Foto: Dok./TimeX
Hilar Limbong Allo

Demikian diutarakan Hilar Limbong Allo Kepala Bidang Informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Pemkab Mimika saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Rabu (11/9).

Hilar mengungkapkan terjadinya kekosongan blanko ini bukan unsur kelalaian melainkan memang persediaan blanko di pusat juga lagi habis.

“Jayapura juga kososng,  kitapun sudah koordinasi ke pusat tetapi dari pusat juga tidak bisa menjelaskan kapan blankonya ada,” ujar Hilar.

Selama seminggu lebih sebutnya, Suket yang telah dikeluarkan mencapai 200 lebih lembar dengan masa berlaku enam bulan. “Sehari bisa 20-30 Suket yang kami keluarkan, dan perlu diketahui bahwa bukan hanya Mimika saja yang terjadi kekosongan tetapi hampir semua daerah,” pungkasnya. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.