Mimika Siaga Satu, 82 Personil TNI-Polri Laksanakan Patroli

Foto: Rina/TimeX
APEL – Personil gabungan TNI-Polri menggelar apel siaga di Halaman Polres Mimika Jalan Cenderawasih, Senin (23/9) malam.

“Situasi sementara puji Tuhan masih aman dan kondusif dan semua berharap tidak ada yang terprovokasi untuk berbuat anarkis di sini. Jadi, semua aktivitas bisa berjalan dengan baik seperti biasanya”

 

 

 

 

 

TIMIKA,TimeX

Aparat keamanan menetapkan Mimika siaga satu. Untuk itu, sebanyak 82 personil gabungan TNI/Polri melakukan apel kesiap-siagaan sekaligus melaksanakan patroli malam.

AKP Andyka Aer selaku Kabag Ops Polres Mimika usai memimpin apel kesiap-siagaan di Kantor Pelayanan Polres Mimika kepada wartawan, Senin (23/9) tadi malam mengatakan, apel dan patroli dilakukan sebagai antisipasi keamanan, kaitan dengan peristiwa di Jayapura dan Wamena.

“Jadi, selain melakukan patroli di beberapa titik, kita  juga melakukan pengamanan di objek-objek vital dan sejak siang sudah kembali ditempatkan seperti Kantor DPRD, Lapas, Pemda, dan besoknya akan ditempatkan personil di PLN dan Telkom,” jelasnya.

Dikatakannya, hal tersebut sebagai tindaklanjut dari perintah Kapolres Mimika. Dimana, apabila menemukan kumpulan massa dari jumlah kecil harus dibubarkan dan tidak boleh ada massa yang berkumpul, temasuk perintah untuk merazia orang mabuk dan yang membawa senjata tajam.

Andyka menjelaskan status siaga satu untuk Mimika dengan mempertimbangkan kejadian di Wamena dan Jayapura, jangan sampai terjadi di Mimika.

“Siaga satu ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Dan sejauh ini di Timika belum ada indikasi tetapi kita tetap siaga 1,” katanya.

Lanjutnya, rute patroli seperti di wilayah perkotaan, Gorong-Gorong, Jalan Ahmad Yani, Lapas Timika, Jalan Djayanti hingga Kwamki Narama.

“Situasi sementara puji Tuhan masih aman dan kondusif dan semua berharap tidak ada yang terprovokasi untuk berbuat anarkis di sini. Jadi, semua aktivitas bisa berjalan dengan baik seperti biasanya,” katanya.

 Sempat Ditarik, Personil Ditempatkan Kembali

Pascaterjadinya aksi tanggal 21 Agustus lalu, sejumlah tempat objek vital dijaga oleh aparat keamanan selama satu minggu.

“Karena situasi sudah kondusif sehingga personil kita tarik. Namun adanya perkembangan eskalasi sehingga personil tersebut ditempatkan kembali,” jelasnya.

Dikatakannya, adapun personil dari Brimob Kalimantan Tengah dan Brimob Gorontalo dengan masing-masing satu regu berjaga di Kantor Pemda Mimika, Kantor DPRD serta Lapas, Bandara, PT Telkom maupun PLN.

Polsek dan Koramil Laksanakan Kegiatan Imbangan

Kegiatan patroli tersebut juga dilakukan di setiap wilayah Polsek dan Koramil.

“Jadi, patroli di polsek ini merupakan kegiatan imbangan. Jadi mereka bersama Koramil untuk melaksanakan patroli maupun razia,” tuturnya.

Dikatakan Andyka, untuk Polsek Kuala, Polsek Mimika Baru dan Polsek Mimika Timur sudah menggandeng Koramil masing-masing untuk melaksanakan patroli bersama.

“Jadi, patroli tersebut sifatnya imbangan dimana masing-masing polsek memiliki daerah yang dianggap cukup rawan di sana,  sehingga mereka menyambangi daerah tersebut,” ungkapnya. (aro)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.