Pelayanan Pesawat Perintis ke Mapenduma Belum Ada Kepastian

TIMIKA,TimeX

Ambar Suryoko, Kepala UPBU Mozes Kilangin menyampaikan sampai saat ini belum ada kepastian pelayanan penerbangan perintis rute Mapenduma. Hal ini telah dilakukan koordinasi bersama pemerintah daerah beberapa waktu lalu.  Baru dilanjutkan penerbangan ke wilayah tersebut jika kondisi telah stabil.

Foto: Echi/TimeX
Ambar Suryoko

“Kami pada prinsipnya ingin melayani masyarakat di pedalaman Mapenduma, hanya karena faktor keamanan maka kami harap, baik masyarakat di sana juga turut bantu dalam hal keamanan ini. Kami sering melakukan evaluasi per tiga bulan, dan jika memang telah kondusif maka akan dilayani kembali penerbangan ke sana,” jelas Ambar saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Selasa (24/9).

Terkait kondisi keamanan, ia menyampaikan itu wilayahnyah aparat keamanan, sehingga  diharapkan dapat membantu dalam pengamanan ini biar penerbangan kembali normal. Karena kondisi keamanan berdampak bagi masyarakat sipil, dan kekuatiran ini baik penerbangan juga pilot dan lainnya.

Ia mengatakan dalam upaya membantu masyarakat di pedalaman, Program UPBU tahun ini angkutan udara perintis di bagi dua paket, karena fasilitas di daerah tertentu yang bisa didarati oleh pesawat Pilatus dan lainnya pesawat Caravan. Kedua pesawat angkutan cargo perintis juga dibagi dalam dua paket karena fasilitas pesawatnya, yakni Pilatus dan Caravan. (a32)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.