Distanbun Siapkan 10 Ribu Bibit Cabai dan Pepaya California

“Jadi siapa saja yang ingin memiliki bibit cabai bisa datang ke sini (BBU). Kan tanaman cabai ini tanaman pekarangan dan memang setiap tahun kami bagi bibitnya karena cabai ini selalu menjadi momok mahal di pasar”

Foto: Santi/TimeX
PANTAU – Kadistanbun Yohana Paliling didampingi stafnya saat memantau bibit cabai dan pepaya california di Green House BBU, Jumat (27/9).

TIMIKA,TimeX

Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distanbun) Kabupaten Mimika menyiapkan 10 ribu kuker bibit cabai rawit dan pepaya california untuk petani dan masyarakat.

“Jadi siapa saja yang ingin memiliki bibit cabai bisa datang ke sini (BBU). Kan tanaman cabai ini tanaman pekarangan dan memang setiap tahun kami bagi bibitnya karena cabai ini selalu menjadi momok mahal di pasar,” tutur Yohana Paliling Kepala Distanbun saat ditemui Timika eXpress di BBU, Jumat (27/9).

Yohana mengatakan untuk bibit cabai yang tersedia ada 5000 kuker dan 500 kuker bibit pepaya california hanya saja belum waktunya untuk dipindahkan masih dalam kuker di green house.

“Tetapi kalau bibit cabai rawit sebagian sudah bisa dipindahkan atau kalau ada masyarakat yang ingin bisa mengambilnya langsung,” katanya.

Bibit pepaya california ujarnya, baru bisa dipindahkan atau dibagikan kepada kelompok tani dan masyarakat umum kemungkinan bulan depan setelah sudah cukup umurnya.

“Saya sarankan masing-masing masyarakat dapat tanam cabai satu atau dua pohon untuk kebutuhan sehari-hari daripada harus beli di pasar yang tiba-tiba harganya mahal,” anjurnya.

Bibit cabai ini lanjutnya, beberapa waktu lalu sudah dibawa 200 kuker pada kegiatan Binmas Noken tapi persediaan di green house masih banyak.

“Mungkin 2000 kuker kita khususkan untuk kelompok petani. Hanya saja kelompok tani ini mereka bisa semaikan sendiri tanpa harus kita berikan bibitnya. Jadi bibit yang ada ini bisa untuk pemula, rumah tangga atau sekolah-sekolah yang ingin menanam cabai, silahkan ambil bibitnya di kita,” ungkapnya. (san)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.