Tirta Optimis Penerimaan KPP Pratama Timika Capai Target

“Yah, kami sangat optimis bisa mencapai dan bahkan bisa melebih target penerimaan tahun ini, karena kesadaran dari wajib pajak sangat bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan pertumbuhannya lebih tinggi dari tahun lalu yakni tumbuh 40,22 persen”

TIMIKA,TimeX                  

Tirta, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Timika optimis penerimaan pajak tahun 2019 mampu mencapai target yang ditetapkan sebesar Rp3,24 triliun.

Tirta sampaikan ini kepada wartawan di Kantor KPP Pratama Timika, Senin (30/9).

Foto: Santi/TimeX
Tirta

Meskipun baru menjabat, ia menyebutkan  hingga akhir September 2019 penerimaan pajak telah terealisasi sebesar Rp2,52 triliun atau setara 77,47 persen dari target ditetapkan. Dengan waktu tersisa dua bulan hingga penutupan tahun anggaran dirinya sangat menyakini target penerimaan tahun ini bisa tercapai.

“Yah, kami sangat optimis bisa mencapai dan bahkan bisa melebih target penerimaan tahun ini, karena kesadaran dari wajib pajak sangat bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan pertumbuhannya lebih tinggi dari tahun lalu yakni tumbuh 40,22 persen,” tutur Tirta.

Pertumbuhan sektor penerimaan pajak ujarnya, cukup signifikan merupakan dampak dari terjadinya pertumbuhan ekonomi di kalangan masyarakat Kabupaten Mimika kian membaik. Meskipun ia mengaku penerimaan pajak paling mendominasi masih berasal dari sektor pertambangan seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun dari sektor non tambang tahun ini sudah mulai mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Penerimaan pajak dari wajib pajak ini, ia tegaskan akan digunakan kembali untuk masyarakat melalui pembangunan bukan untuk pribadi. Membayar pajak adalah suatu kebutuhan sedini mungkin yang diterapkan kepada semua wajib pajak termasuk calon wajib pajak.

“Yang harus wajib pajak ketahui dan kita semua ketahui bahwa pembangunan infrastruktur sebagian besar menggunakan dana yang berasal dari pajak. Jadi kalau ada yang merasa bahwa pemerintah tidak memperhatikan pembangunan, kita harus bertanya pada diri kita terlebih dahulu, apakah kita sudah patuh bayar pajak atau tidak,” ujarnya.

KPP Pratama Timika lanjutnya, akan terus memberikan dorongan dan pendekatan kepada para wajib pajak agar taat bayar pajak dan juga siap membantu apabila ada kendala yang dihadapi wajib pajak.

“Kami akan terus bekerja menggenjot penerimaan ini, karena ini untuk pembangunan Indonesia dan bagi kita semua,” ungkapnya. (san)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.