2.345 Ton Bantuan Kemanusiaan Dikirim ke Wamena

“Kami masih menunggu assesment dari relawan yang di Wamena, apa yang sangat dibutuhkan oleh para pengungsi di sana, sehingga kalau ada penerbangan berikutnya lagi kami bisa mengirimkan bantuan sesuai dengan kebutuhan para pengungsi Wamena”

Foto: Ist./TimeX
BANTUAN – Ketua Baznas Mimika Umar Habib foto bersama relawan BTB sebelum pengirimkan bantuan kepada korban kerusuhan di Wamena belum lama ini.

TIMIKA,TimeX

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mimika mengirim 2.345 ton bantuan kemanusiaan untuk korban kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Bantuan ini dikirim menggunakan Herkules TNI AU pada Sabtu (5/10).

“Bantuan ini dari berbagai komunitas dan lembaga serta masyarakat umum, seperti Bhayangkari dan lain sebagainya yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Wamena yang terdampak kerusuhan,” tutur Ustadz Umar Habib, Ketua Baznas Mimika saat dihubungi Timika eXpress via telepon, Minggu (6/10).

Bantuan ini ujarnya, merupakan pengiriman kedua, sebelumnya sudah mengirimkan beras dua ton sekaligus diantar oleh relawan. Pada pengiriman pertama di Wamena juga diikuti langsung oleh H Agung Arie Perdhana Komandan BTB Mimika yang hingga saat ini sudah lima hari berada di Wamena.

“Kemarin tidak ada lagi relawan yang ikut karena relawan sudah berangkat pada hari pertama, waktu itu untuk bantu di Wamena. Jadi ini hanya bantuan saja yang dari masyarakat Mimika,” tutur Umar.

Umar menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI AU yang telah membantu memfasilitasi pengiriman bantuan kemanusiaan ke Wamena. Berharap adanya partisipasi dari warga Mimika setidaknya bisa meringankan beban korban kerusuhan selama ada di penampungan.

Ia juga menerima informasi bahwa masih banyak saudara-saudara di Wamena yang mengungsi di Polres Jayawijaya, Lanud Jayawijaya dan lainnya untuk sementara waktu, sambil menunggu sampai situasi benar-benar sudah aman barulah mereka bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

“Kami masih menunggu assesment dari relawan yang di Wamena, apa yang sangat dibutuhkan oleh para pengungsi di sana, sehingga kalau ada penerbangan berikutnya lagi kami bisa mengirimkan bantuan sesuai dengan kebutuhan para pengungsi Wamena,” ungkapnya.

Bantuan yang dikirim itu diantaranya, beras 77 karung, mie 132 karton, minyak goreng 7 karton, susu bubuk 4 karton, susu kental manis 3 karton, susu cap beruang 5 karton, perlengkapan sekolah 4 karton, perlengkapan mandi 7 karton, pakaian 1 ton, kopi, gula, teh 14 karton.

Lainnya, makanan ringan 4 karton, biskuit 35 dos, pembalut 3 karton, pop mie 6 karton, ikan teri 1 karton, teh kotak 6 karton, autan 1 dos, sweety 17 pak, bawang merah 55 kilo, bawang putih 55 kilo, minyak kayu putih 1 dos dan sarden 15 karton. (san)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.