163 Warga Mimika Idap Penyakit Kelamin

Ilustrasi

 TIMIKA,TimeX

Selama enam bulan (Januari-Juni) 2019, Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika mendata 163 warga Mimika mengidap penyakit kelamin. Dari jumlah ini dengan rincian pasien HIV dengan Infeksi Menular Seksual (IMS), dengan sifilis dan GO ada 19 kasus, terdiri dari tujuh laki-laki dan 12 perempuan. Kemudian HIV tanpa IMS sebanyak 122 kasus dan HIV tanpa periksa IMS sebanyak 10 kasus.

Demikian disampaikan Yoan, penanggungjawab Program HIV-AIDS Dinas Kesehatan saat dihubungi Timika eXpress lewat telepon, Senin(7/10).

Ia menjelaskan IMS merupakan pintu masuk penularan HIV-AIDS. IMS ini menular terutama ketika terjadi kontak seksual dengan penderita tapi juga dapat ditularkan melalui kontak darah, seperti transfusi darah juga penggunaan jarum suntik bersamaan dengan penderita.

Berbicara tentang penularan HIV-AIDS ujar Yoan, tidak terlepas dari IMS sendiri. Untuk penularan HIV melalui IMS jenisnya adalah sifilis dan Gonore (GO).

Sifilis merupakan penyakit menular yang menyebar terutama melalui aktifitas seksual, termasuk seks oral dan anal. Sedangkan gonore menyebabkan rasa sakit dan saluran lain pada genetial, tetapi juga dapat menyebabkan masalah lain pada dubur, tenggorokan, mata atau persendian.

Beberapa ciri penyakit kelamin yang paling umum adalah: perih atau sakit saat kencing. Keluar cairan dari penis. Vagina terasa panas atau gatal.   Nyeri saat seks. Keputihan abnormal atau perdarahan vagina. Luka atau kutil kelamin. Sakit panggul atau perut bagian bawah. (a32/*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.