Wabup Sebut Ada Honorer yang Gayanya Melebihi Pejabat

“Ada yang baru honor tapi langsung diangkat dengan SK Bupati karena ada kedekatan dengan pejabat atau kepala OPD, ini yang akan kita verifikasi”

Foto: Indri/TimeX
TANAM BUNGA – John Rettob, Wakil Bupati Mimika saat ikut serta dalam kegiatan penanaman bunga di median jalan, di salah satu ruas jalan di Timika, Jumat (11/10).

TIMIKA,TimeX
Jumlah honorer di lingkup Pemkab Mimika sangat banyak, sementara tidak ada hal yang perlu dikerjakan, di sisi lain pemerintah terus memberikan gaji.
Namun demikian, ada pula honorer yang rajin tetapi tidak dimanfaatkan.
“Bahkan ada honorer yang seenanknya saja karena merasa punya kedekatan dengan pimpinan sehingga gayanya melebihi pejabat,” cetus Johanes Rettob, Wakil Bupati Mimika.
Ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem), Jumat (11/10), John Rettob mengatakan, banyak pula honorer yang tidak pernah masuk kantor namun masih menerima gaji dan Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP).
Terkait dengan hal itu lanjut John, hal ini akan dirapatkan kembali, apakah masih dipertahankan.
“Saya juga masih menunggu inventarisir kemudian diverivikasi, kalau sudah malas kantor, lalu masih terima gaji, masa seperti ini kita pertahankan, ini kita akan rapat, apa harus diganti atau dipangkas,” ujarnya.
Namun adapula honorer, yang sudah 15 tahun berbakti, namun masih belum diangkat dengan SK bupati. Inilah menurutnya yang perlu menjadi perhatian.
“Ada yang baru honor tetapi langsung diangkat dengan SK Bupati karena ada kedekatan dengan pejabat atau kepala OPD, ini yang akan kita verifikasi,” tuturnya.
Disamping itu juga, ada kebijakan-kebijakan yang memang harus dirapatkan lagi, seperti peneriman honorer di OPD, dengan pengangkatan SK bupati.
“Kita akan rapat, apakah boleh kebijakan itu, OPD angkat honorer, sementara SK bupati, ini yang akan kita lihat, bisakah regulasi seperti ini, karena pengguna anggaran adalah OPD,” tuturnya.
Bahkan lanjutnya, prinsip suka tidak suka antara pimpinan dan bawahan juga harus dihapus. Sehingga menurut Wabup, di masa pemerintahan, semua itu harus dibenahi, agar pemerintahan ini bisa berjalan dengan stabil.
“Sayakan baru dilantik, saya pikir ini juga menjadi PR bagi kami, untuk membenahi ini semua,” pungkasnya (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.