SD dan SMP Ma’Arif Optimis Pertahankan Juara Umum HSN

“Persiapan kami sudah hampir 90 persen karena dari jauh-jauh hari kami sudah persiapkan. Dan setiap tahun kami selalu ikut kegiatan HSN dan hampir setiap tahun kami selalu menang. Siswa-siswi kami yang ikut dari kelas IV, V dan kelas VI. Campingnya nanti selama empat hari mulai dari tanggal 22-25 Oktober 2019,”

Foto: Santi/TimeX
PERSIAPAN – Siswa-siswi SD Ma’arif sedang menjalani latihan persiapan lomba Hari Santri Nasional di halaman sekolah, Senin (14/10).

TIMIKA,TimeX

Keluarga besar SD dan SMP Ma’Arif Timika optimis mampu pertahankan juara umum yang direngkuh tahun 2018 lalu, yang kini kembali dilombakan dalam menyambut Hari Santri Nasional (HSN) ke-4 tahun 2019. Lomba tahun ini dengan tema, ‘Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia’.

Kegiatan HSN dengan peserta 39 sekolah mulai tingkat SD, SMP dan SMA-SMK se-Mimika mulai digulirkan pada 22 Oktober mendatang.

“Persiapan kami sudah hampir 90 persen karena dari jauh-jauh hari kami sudah persiapkan. Dan setiap tahun kami selalu ikut kegiatan HSN dan hampir setiap tahun kami selalu menang. Siswa-siswi kami yang ikut dari kelas IV, V dan kelas VI. Campingnya nanti selama empat hari mulai dari tanggal 22-25 Oktober 2019,” tutur Syam, Pembina Pendamping Santri SD Ma’arif saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Senin (14/10).

Syam menjelaskan lomba-lomba yang akan ditampilkan diantaranya, Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB), pionering (salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek), tata upacara, kepramukaan dan lomba keagamaan. Semua itu siswa-siswi sudah sangat siap mengikutinya.

“Untuk lomba keagamaan ada lomba sholawat dan tartil dan siswa yang ikut lomba tersebut sudah sangat siap. Tahun lalu kita juara umum dan tahun ini kita juga optimis bisa dapat juara umum lagi. Tahun ini tema yang diangkat adalah,” katanya.

Sementara Indah Setiawati, Kepala SMP Ma’arif mengatakan, 22 siswa-siswi SMP Ma’arif terdiri dari 11 putri dan 11 putra sudah sangat siap menghadapi HSN tanggal 22 Oktober mendatang.“Untuk persiapan pertama yang kami siapkan adalah persiapan perkemahan, persiapan lomba yakni kepramukaan dan keagamaan. Untuk lomba kepramukaan ada pionering, baris berbaris kreasi dan tata upacara. Sejauh ini kami sudah latihan kurang lebih tiga hari. Untuk hari-hari berikutnya kami akan latihan sampai sebelum hari H. Ini untuk kelas I sampai kelas III SMP Ma’arif,” paparnya.

Kemudian, Ibnu Hamid, Sekretaris Panitia Hari Santri Nasional mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional digelar di halaman Masjid Al Muhajirin SP 1 diikuti 39 sekolah baik SD, SMP dan SMA-SMK.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan akan dibagi menjadi dua, yakni kepramukaan yang dikenal dengan ketangkasan dan kegiatan keagamaan yang berkaitan dengan kerohanian.

Kepramukaan itu lombanya ada tiga upacara pembukaan dan PBB kreasi untuk semua jenjang. Keagamaan juga ada tiga yaitu musabqah syarhil quran. (san)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.