Tiga Warga Diduga Simpatisan KNPB Diamankan Polisi

>>Juga Disita Sejumlah Sajam dan Atribut KNPB

 TIMIKA, TimeX

ATRIBUT-Polisi saat memperlihatkan atribut KNPB di Kantor Pelayanan Polres Mimika.

Aparat kepolisian gabungan mengamankan tiga warga sipil diduga simpatisan Komite Nasional Papua Barat (KNPB), saat gelar razia di Kelurahan Karang Senang SP3, Senin (14/10).

Untuk membuktikan keterlibatan ketiga warga yang juga disinyalir sebagai mata-mata KNPB, atau warga yang bermukim di wilayah setempat, sementara mereka masih dalam penyelidikan dan penyidikan kepolisian.

Ketiga warga sipil tersebut diamankan polisi saat gelar razia hingga penertiban sebuah bangunan kayu berukuran 8 X 8 meter yang diduga markas KNPB, serta pembongkaran dua pos pantau.

Lokasi yang diduga markas KNPB itu berada tepat di belakang Bengkel Lapangan (Benglap) TNI AD di Timika, atau hanya berjarak 300 meter dari jalan poros Cenderawasih.

Sementara dua pos pantau yang hanya berjarak 150 meter dari jalan utama, itu berada tepat di sisi kiri gedung SMP Negeri 4.

Dua pos pantau tersebut dirobohkan petugas saat razia Senin kemarin.

Sementara di dalam bangunan 8 X 8, petugas berhasil menyita sejumlah alat tajam, diantaranya 115 pucuk anak panah, 22 busur panah, satu kampak, dua parang dan dua senapan angin.
Selain itu, disita pula dua buah topi berlogo bintang kejora, sejumlah baju dan celana loreng anggota pengamanan KNPB serta sebuah papan bergambar bintang kejora.

Demikian dijelaskan Kompol I Nyoman Punia, Wakapolres Mimika usai patroli kepada wartawan di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Senin (14/10).

Ia mengatakan gelar razia kemarin melibatkan lebih 300 personel, baik unsur Polres Mimika ditambah personel Brimob BKO dari Polda Kalimantan Barat, Polda Kalimantan Selatan dan Polda Gorontalo yang tergabung dalam Satuan Tugas Aman Nusa.

“Awalnya kami dapat laporan dari warga kalau di lokasi yang diduga markas KNPB itu sering ada orang kumpul-kumpul. Hanya saja saat kami masuk ke sana, penghuninya sudah pada kabur semua. Sebelum masuk kami termukan dua pos dan satunya terdapat gambar lambang bintang kejora langsung dibongkar,” ungkap I Nyoman.

Ia menambahkan, gelar razia ini dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, kondusif serta damai di Mimika.

“Yang pasti kami akan terus lakukan patroli dialogis ke semua wilayah di Kota Timika dan sekitarnya, dengan melibatkan semua unsur, termasuk rekan-rekan Brimob BKO Satgas Aman Nusa sesuai arahan dan petunjuk Bapak Kapolda Papua,” ujarnya.

Gelar razia kemarin juga menyasar wilayah Kelurahan Timika Jaya SP2 hingga Jalan Gaharu, guna memastikan situasi Kamtibmas secara keseluruhan di Timika.

“Seperti arahan Kapolda Papua, sekalipun situasi kondusif aman, aparat kepolisian tidak boleh lengah apalagi lemah dalam kondisi saat ini. Kami akan intens lakukan sweeping dan perbanyak patroli pada jam-jam kecil hingga pagi,” katanya.

Ia pun berharap kepada seluruh masyarakat Mimika mendukung kepolisian dalam menjaga dan menciptakan Kamtibmas aman dan kondusif. (aro)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.