HUT ke-22 SMK Negeri 1 Mimika, SMK Menjawab Kebutuhan Industri

“Dunia usaha dan industri adalah tempat yang akan memberikan kontribusi besar yang didukung dengan kepercayaan yang utama haruslah ditanamkan. Jadikan sekolah ini rumah belajar, dan potensi-potensi siswa yang ada terus dikembangkan”

FOTO: ECI/TimeX
PELEPASAN – Drs. Selsius Aron, M.Pd didampingi tamu undangan melepaskan balon ke udara yang bertuliskan HUT SMK Negeri 1, di Kuala Kencana, Senin (14/10).

TIMIKA,TimeX

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 22 SMK Negeri 1, Kuala Kencana menandainya dengan potong tumpeng, pada Senin (14/10). Acara tersebut juga dimeriahkan dengan yospan bersama, dance, atraksi silat, juga solo dari para pelajar.
HUT kali ini mengusung tema “Meningkatkan prestasi dan hasil belajar guna mewujudkan lulusan SMK Negeri 1 Mimika yang kompeten, cerdas, terampil dan berakhlak mulia dalam mengapai masa depan yang lebih baik”.

I Dewa Bagaiasa,S.Pd selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan rencana perayaan HUT ke-22 tahun atas inisiatif dari pengurus OSIS dengan semangat yang tinggi mengajukan usul kepada kepala sekolah yang langsung direspons positif dengan menyampaikan agar pengurus membuat proposal kebutuhan dana dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan, sehingga selaku panitia dirinya menyampaikan terimakasih kepada kepala sekolah yang telah membantu lancarnya perayaan HUT.
Adapun lomba yang dilakukan dalam menyambut HUT ke-21 tahun ini adalah lomba kebersihan kelas, sepak bola kecil putra/i, lomba panjat pinang, lomba tarik tambang, karaoke untuk siswa dan guru.
Selanjutnya Drs. Selsius Aron, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan usia 22 tahun merupakan usia kedewasaan dan produktif sehingga dapat menghasilkan barang dan jasa dalam membantu orang lain yang membutuhkan, demikian pula dengan sekolah tersebut.
Sehingga apa yang harus dilakukan dalam mengembangkan semangat dan motivasi di dalam kerja, sebagai bagian dari sekolah yaitu bagaimana memupuk kebersamaan di antara para guru, siswa, orangtua siswa sebagai mitra sekolah dan dunia usaha dan industri. Termasuk bagaimana meningkatkan disiplin dalam tugas-tugas.
Dalam momentum HUT, dirinya mengajak semuanya bergairah untuk terus melayani para siswa dalam menyiapkan mereka untuk hidup di masanya nanti.
Selain itu juga tak kalah penting menurutnya adalah membangun mitra yang baik kepada orangtua juga mitra dan dunia usaha/industri.
Lanjutnya, SMK tanpa membangun komunikasi yang baik dengan dunia industri, sama saja bukan SMK karena harus ” line and match” dengan industri, karena SMK menjawab kebutuhan-kebutuhan industri. Oleh sebab itu, kerjasama diperlukan dalam menggalang kurikulum bersama agar sebagai lembaga pendidikan dapat menyiapkan anak supaya lulus dapat bermanfaat bagi kepentingan dunia usaha/industri.
Untuk itu dirinya menyampaikan apresiasi kepada perwakilan dunia usaha dan industri yang hadir bersama. Sebagai PLT yang baru bertugas belum genap sebulan bersama di SMK N 1 Mimika, dirinya berharap hubungan kerjasama antar mitra lebih digali dan ditingkatkan terutama yang berada di wilayah LIP sehingga ada keuntungan bersama antara sekolah dan industri.
“Apa kebutuhan industri mari kita bicara bersama, agar anak dalam dunia pendidikan ini bisa menjawab kebutuhan industri nanti,” ungkapnya.
Sementara itu, Laurensius Lasol,S.Ag.M.Pd sebagai pengawas sekolah SMA/SMK mengapresiasi kepada kepala sekolah meski baru menjabat namun langkah awal membangkitkan SMK N 1 Mimika, yang pada masa kepemimpinan sebelumnya telah mengharumkan nama SMK untuk seantero Papua yang belakangan redup. Untuk diketahui bahwa SMK ini menjadi sekolah rujukan untuk SMA dan SMK, dimana untuk SMA rujukan adalah SMA Advent, sedangkan rujukan SMK adalah SMK N I. Sehingga ia berharap lewat proses-proses selanjutnya akan masuk menjadi sekolah sonasi, yang bisa membawahi beberapa kabupaten.
Dirinya juga berpesan bangun komunikasi yang baik antara guru bersama dunia usaha dan industri, dan akan memantau dan memastikan bahwa proses ini berjalan dengan hal urgen adalah pengelolaan dana BOS, juga bantuan pemerintah dan kerjasama yang baik dengan dunia usaha dan industri.
“Dunia usaha dan industri adalah tempat yang akan memberikan kontribusi besar yang didukung dengan kepercayaan yang utama haruslah ditanamkan. Jadikan sekolah ini rumah belajar, dan potensi-potensi siswa yang ada terus dikembangkan,” tambahnya.
Acara diakhiri dengan jamuan makan bersama keluarga besar SMK N 1 Kuala Kencana bersama tamu undangan. (a32)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.