DPC IWAPI Mimika Dikukuhkan

“Di era globalisasi, pemberdayaan ekonomi perempuan sangat berperan dalam menentukan pertumbuhan ekonomi dan menghadapi tantangan global dan khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia”

Foto: Echie/TimeX
TANDA TANGAN – Johanes Rettob, Wakil Bupati Mimika tanda tangan berita acara pelantikan DPC IWAPI Mimika, Rabu (16/10).

TIMIKA,TimeX
Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Mimika periode 2019 -2024 dilantik dan dikukuhkan oleh Johanes Rettob, Wakil Bupati Mimika, sekaligus pembina DPC IWAPI Mimika, Rabu (16/10).
Pelantikan berlangsung di Hotel Grand Tembaga ini dihadiri Alawinsia Alienda Megawati, Ketua DPD IWAPI Provinsi Papua.
Jalannya pelantikan diawali doa dipimpin Pdt. Matelda Warikar, S.Th dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
Sebelum pelantikan dibacakan kode etik IWAPI oleh dr. Elisabeth Pakilarang.
Berikut isinya, wanita IWAPI berdasarkan Pancasila, tunduk dan taat pada AD/ART, ikut berpartisipasi dalam pembangunan nasional, dalam kegiatan usaha dan lainnya menjalin hubungan baik dengan masyarakat, pemerintah dan saling menghormati dan saling membantu.
Prosesi pelantikan DPC IWAPI Mimika ini ditandai pembacaan janji pengurus, penandatanganan Surat Keputusan (SK), penyerahan bendera kebesaran IWAPI oleh Ketua DPD IWAPI Provinsi Papua, Alawinsia Alienda Megawati kepada Ketua DPC IWAPI Kabupaten Mimika terpilih, dr. Puttri Sultan. Usai pelantikan diserahkan bendera petaka oleh ketua DPD kepada ketua DPC Mimika.
John Rettob dalam sambutan mengucapkan selamat atas dilantiknya DPC IWAPI Kabupaten Mimika.
Ia berharap IWAPI kedepannya bisa lebih maju dan terus berkontribusi dalam menunjang pembangunan di Mimika terutama di dunia usaha.
“Di era globalisasi, pemberdayaan ekonomi perempuan sangat berperan dalam menentukan pertumbuhan ekonomi dan menghadapi tantangan global dan khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia,” ujarnya.
John mengatakan kesetaraan gender mendukung strategi untuk menghapus kesenjangan sosial, hukum, budaya, politik dan ekonomi.
IWAPI lanjutnya, merupakan wadah penyaluran aspirasi wanita pengusaha Indonesia yang merupakan organisasi non profit dan bersifat gotong royong mempunyai tujuan, membantu perempuan Indonesia untuk menjadi pengusaha yang tangguh dan memberi informasi, advokasi pendidikan dan pelatihan.
“Pemerintah Kabupten Mimika sangat mendukung dan memberikan apresiasi. Diharapkan bisa berkiprah sesuai dengan tugas masing-masing dengan baik, sehingga keberadaan organisasi ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tuturnya.
Ia berharap IWAPI dapat membantu perempuan Indonesia untuk menjadi wanita pengusaha yang tangguh dan juga dapat meningkatkan gerak langkah kaum perempuan dalam berkontribusi untuk kemajuan dunia usaha di Mimika.
“Saya harap juga bisa merangkul semua perempuan yang bergerak di bidang UKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Mimika,” harap John.
dr. Putri Sultan, Ketua DPC Mimika dalam sambutan berpesan, sebagai wanita yang tergabung dalam IWAPI, tidak melupakan kodrat sebagai ibu dan istri.
IWAPI dapat bersinergi baik UMKM dan pengusaha-pengusaha Papua. IWAPI juga siap mendukung event Pesparawi dan PON 2020 mendatang. Dan berharap pengurus dan anggota saling bekerjasama, bahu membahu dan tolong menolong dalam memajukkan IWAPI.
Senada dengan itu, Hj. Dewi Motik, selaku pendiri IWAPI mengharapkan kerjasama sebagai tim dalam memajukan IWAPI ke depan sangat diperlukan.
Pada pembukaan acara ditampilkan tarian seka kontenporer dari sanggar seni Gereja Pniel Jalan Baru, juga lagu-lagu oleh pengurus terpilih. Turut hadir perwakilan OPD, PT Freeport Indonesia, tokoh perempuan dan anggota IWAPI. (a32)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.