Mesin ATM Bank CIMB Niaga Timika Nyaris Dibobol Maling

BOBOL MALIING

Foto : Rina/TimeX
OLAH TKP-Aipda Ramli sedang melakukan olah TKP di ruang mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank CIMB Niaga di Jalan Yos Sudarso.

TIMIKA, TimeX

Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank CIMB Niaga Timika yang berada di depan Toko Mega Square, Jalan Yos Sudarso, nyaris dibobol maling (pencuri) pada Kamis (31/10) sekitar pukul 03:40 WIT.

Pelaku yang diduga lebih dari satu orang itu berhasil merusak mesin ATM, tapi belum sempat menggasak duit di dalamnya.

Aipda Ramli SH selaku Ketua Tim Olah TKP mengatakan kepada Timika eXpress, Kamis (31/10) mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari pihak Bank CIMB Niaga kalau mesin ATM-nya dibobol.

Aipda Ramli bersama tim langsung mendatangi lokasi kejadian, menyusul dilakukan identifikasi dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Pintu mesin ATM-nya sudah dibelah pelaku pakai alat semacam gurinda ataupun mesin las. Hanya saja pintu mesin ATM belum berhasil dibuka sehingga uang dalam mesin masih utuh. Mungkin ada warga yang lihat aksi mereka sehingga tidak dilanjutkan,” jelasnya.

Ia memperkirakan pencuri masuk ke ATM pada Kamis dinihari kemarin.

Namun karena lokasi ATM berada di tempat terbuka sehingga mudah diamati warga.

Dari hasil olah TKP, tim identifikasi hanya mengamankan carik kertas yang ikut terbakar pada saat pelaku membelah menggunakan alat semacam mesin gurinda.

Ditemukan pula sebuah CCTV yang terpasang pada pojok ruangan ATM tidak berfungsi karena di pilox (dicat) warna hitam oleh pelaku,”ujar Ramli.

Bahkan CCTV yang terpasang di bagian atas dan bawah pada bagian layar mesin ATM, ini juga dipilox pelaku agar aksi mereka tidak dilihat.

Sedangkan CCTV yang dipasang pihak Toko Mega Square tidak terpantau aksi pelaku.

Aparat pun meminta bukti rekamanan CCTV dari Toko Senang Hati,  namun CCTV nya tidak berfungsi.

Pihak kepolisian setempat pun belum dapat memastikan jumlah pelaku.

“Kita pastikan pelakunya lebih dari satu orang dan ini aksi terencana,” tegasnya.

Dimana salah satu nasabah yang hendak menuju ATM melihat satu unit mobil Toyota Avanza warna merah maron tanpa plat nomor kendaraan diduga milik pelaku.

Mobil itu berada dekat ruangan mesin ATM.

Dari pengakuan nasabah, ia pun melihat seseorang menggunakan penutup muka berdiri tepat di samping mobil.

Hanya saja, ketika melihat nasabah mendekati ruangan mesin ATM,  orang tersebut langsung mengetuk tiang listrik dan mobil yang tadinya parkir langsung pergi.

“Waktu dia (nasabah) masuk ke ruang ATM, di dalam ruangan penuh asap diduga bekas lasan (di las) oleh pelaku. Karena terlihat kerak-kerak sisa las pada pintu dan kunci mesin ATM tersebut. Tapi  ini semuanya tim kami sementara selidiki,” tandas Ramli.

Sementara itu, Pimpinan Bank CIMB Niaga tidak berkenan memberikan keterangan terkait kasus yang terjadi. (aro)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.