‘Pelantikan DPRD Mimika Mutlak Harus Dilaksanakan’

“Perlu kita sadari sebagai warga Mimika yang baik, siapapun kita dengan alasan apapun, pelantikan calon anggota DPRD Mimika periode 2019-2024 harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan yaitu tanggal 24 November mendatang”

Foto: Dok./TimeX
Luky Mahakena

TIMIKA,TimeX

Luky Mahakena, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Mimika menilai pelantikan 35 anggota DPRD Mimika terpilih periode 2019-2024 berdasarkan pemilihan umum yang dijadwalkan 24 November mendatang mutlak harus dilaksanakan.

“Perlu kita sadari sebagai warga Mimika yang baik, siapapun kita dengan alasan apapun, pelantikan calon anggota DPRD Mimika periode 2019-2024 harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan yaitu tanggal 24 November mendatang,” kata Luky kepada Timika eXpress di Jalan Budi Utomo, Minggu (10/11).

Luky mengutarakan hal ini setelah melihat perkembangan situasi Mimika akhir-akhir ini dimana ada dugaan upaya membatalkan pelantikan 35 calon anggota DPRD Mimika hasil Pileg serentak pada 17 April lalu.

Luky juga mengatakan, peristiwa tersebut tidak berpotensi mengganggu kamtibmas apalagi membatalkan pelantikan. Untuk menjaga situasi tetap kondusif di Kabupaten Mimika, jelang pelaksanaan pelantikan semua pihak diminta untuk menahan diri dan bersama-sama menjaga kamtibmas yang ada.

TNI-Polri ujarnya, sebagai institusi yang ditugaskan oleh negara mampu menjaga dan mengamankan proses pelantikan DPRD Mimika.

Produk hukum pelantikan anggota DPRD Mimika, kata Luky mengacu pada Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Artinya, wewenang pemerintah dalam hal ini SK Kemendagri merupakan satu produk hukum meliputi, pemberhentian anggota DPRD Mimika periode 2014-2019 dan pengangkatan atau melantik anggota DPRD Mimika Periode 2019-2024 yang akan dilaksanakan pada 24 November 2019 mendatang.

“SK Kemendagri ini adalah final dan menjadi keputusan yang berkekuatan hukum tetap dan harus dilaksanakan proses pelantikan,” tegasnya. (ale)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.