Leonardus Ajak Masyarakat Hargai Proses Pangalihan LPMAK

“Dengan terpilihnya Vebian, mari sama-sama kita mendukung proses ini, pasti dalam proses ada yang suka perubahan dan ada yang tidak suka perubahan. Dan sebagai salah satu intelektual, saya mengajak semuanya terutama masyarakat Amungme dan Kamoro serta lima suku lain dan masyarakat Mimika untuk berikan apresiasi dan selamat terhadap direktur yang baru, dan kita apresiasi proses transisi dapat berjalan dengan baik”

Foto : Rina/TimeX
Dr Leonardus Tumuka

TIMIKA,TimeX
Dr Leonardus Tumuka, intelektual Kamoro mengajak masyarakat Mimika terutama Suku Kamoro, Amungme dan lima suku kekerabatan untuk bersama-sama menghargai proses pengalihan status LPMAK menjadi YPMAK.
“Saat ini kita melihat ada suatu proses di LPMAK dari lembaga menjadi yayasan. Proses ini berjalan sudah cukup lama, lalu sekarang sementara berjalan prosesnya. Dan masih sementara proses pengalihan tersebut, sekarang YPMAK telah memiliki direktur yang baru yakni Vebian Magal. Untuk itu kita harus mengawalnya agar semua berjalan dengan baik,” ujar Leonardus kepada Timika eXpress di Jalan Cenderawasih, Selasa (26/11).
Ia mengatakan bagi yang lain, seperti halnya dirinya yang ikut bertarung dalam proses seleksi dalam persaingan baik kalah atau menang itu sangat wajar.
Pria jebolan S-3, University of the Philippines Los Banos, Laguna, Filipina ini secara pribadi mengapresiasi kepada Lemasko yang telah berikan perhatian besar terutama masyarakat Kamoro.
“Perhatian itu kita lakukan semakin akan ada muncul orang-orang yang baru juga, dan ingin bersaing kepada siapa saja. Dalam konteks ini juga, saya ingin ucapkan terima kasih kepada lembaga adat yang luar biasa ini dan kita berharap lembaga-lembaga adat yang lainnya bisa bersama-sama mengkawal situasi kehidupan masyarakat adat ini,” katanya.
Leo juga mengapresiasi sebuah proses yang terjadi di LPMAK berlangsung lancar yang dilakukan oleh tim transisi sehingga terpilihnya Vebian Magal sebagai Direktur YPMAK.
“Dengan terpilihnya Vebian, mari sama-sama kita mendukung proses ini, pasti dalam proses ada yang suka perubahan dan ada yang tidak suka perubahan. Dan sebagai salah satu intelektual, saya mengajak semuanya terutama masyarakat Amungme dan Kamoro serta lima suku lain dan masyarakat Mimika untuk berikan apresiasi dan selamat terhadap direktur yang baru, dan kita apresiasi proses transisi dapat berjalan dengan baik,” paparnya.
Ia berharap proses yang ada tetap berjalan dengan baik sehingga bisa menjadi sebuah yayasan. Karena tantangan kedepan adalah bagaimana memajukan masyarakat Amungme, Kamoro serta kelima kerabat suku yang lain serta masyarakat Mimika di wilayah ini.
“Kita sama-sama mengawal dan harus menghargai semua proses sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. (aro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.