Panglima TNI: LKO Penerjun Payung Tidak Terkait Momen 1 Desember

TIMIKA, TimeX

Marsekal Hadi Tjahyanto, Panglima TNI didampingi Jenderal (Purn) Tito Karnavian, Mendagri, Jenderal Polisi Idham Azis, Kapolri, juga Komjen Budi Gunawan, Kepala BIN, dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, menyaksikan LKO 156 penerjun prajurit TNI.

foto:Rina/TimeX
SAKSIKAN – Marsekal Hadi Tjahyanto, Panglima TNI didampingi Jenderal (Purn) Tito Karnavian, Mendagri, Jenderal Polisi Idham Azis, Kapolri, juga Komjen Budi Gunawan, Kepala BIN, dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng, menyaksikan LKO 156 penerjun prajurit TNI.

Marsekal TNI Hadi Tjahyanto

Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, Panglima TNI menegaskan kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) yang digelar di Bandara Mozes Kilangin   Timika, Jumat (29/11), tidak ada kaitannya  dengan momentum peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) tanggal 1 Desember.

Foto : Rina/TimeX
LKO-Ratusan penerjun saat melakukan Latihan Kesiap-siagaan Operasional (LKO) dari atas pesawat di Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Yohanis Kapiyau -Timika.

, Panglima TNI menegaskan kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) yang digelar di Bandara Mozes Kilangin   Timika, Jumat (29/11), tidak ada kaitannya  dengan momentum peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) tanggal 1 Desember.

 

“LKO dilaksanakan setiap tiga bulan di seluruh wilayah Komando Satuan (Kotama), karena masing-masing Kotama memiliki rencana kontijensi, dan LKO digelar dalam rangka uji rencana operasi, tapi tidak kaitan dengan 1 Desember,” tegas Panglima TNI yang memantau langsung aksi 156 prajurit penerjun payung.

Aksi 156 prajurit juga disaksikan para pejabat negara, diantaranya Jenderal (Purn) Tito Karnavian, Mendagri, Jenderal Polisi Idham Azis, Kapolri, juga Komjen Budi Gunawan, Kepala BIN. Hadir pula Bupati Mimika Eltinus Omaleng, dan Willem Wandik Bupati Kabupaten Puncak dan sejumlah perwira TNI-Polri.

Bahkan warga Mimika yang memandang beda langit Mimika di sekitar kawasan Bandara menyempatkan diri untuk menyaksikan langsung aksi para prajurit TNI.

“Kegiatan LKO melalui penerjunan prajurit TNI ini termasuk hiburan bagi warga Timika dan sekitarnya sehingga prajurit TNI semakin dekat dengan masyarakat Timika-Papua sehingga stabilitas keamanan, khususnya menjelang natal dan tahun baru berjalan aman dan masyarakat Mimika merasakan kedamaian,” ungkapnya kepada wartawan usai LKO.

Dikatakannya, LKO dilakukan kontinyu seperti latihan PRRC (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat) di Jayapura beberapa waktu lalu, termasuk  di Selaru, Morotai dan Timika 2018 lalu.

Dikatakan pula, dari 156 prajurit TNI, satu prajurit melakukan penerjunan statis dari Pesawat Hercules.

Adapun 156 prajurit TNI yang melakukan penerjuan berasal dari kesatuan Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma sukses.

Mereka melakukan penerjunan di area sisi barat Bandara Mozes Kilangin Timika.
Para peterjun dibagi dua kelompok, masing-masing menumpang dua pesawat Hercules TNI AU. Pesawat Hercules C-130 A-1316 dari Skuadron 32 Abdurahman Saleh yang dipiloti Kapten Pilot Letkol Pnb Suryo Abituren membawa 64 pasukan peterjun dipimpin Komandan Yonif Para Raider 330 Mayor Inf Morison Chandra Karundeng Abituren.
Sementara pasukan penerjun kedua menggunakan pesawat Hercules C-130 A-1318 dari Skuadron 31 Halim Perdana Kusuma dengan Kapten Pilot Mayor Pnb Alfonsus Abituren membawa 92 pasukan peterjun dipimpin Wakil Komandan Yonif Para Raider 330 Kostrad Mayor Inf Wira Ardhani Abituren, Akmil 2006.
Usai Loko penerjunan, prajurit yang terlibat
pelatihan akan stand by di Timika untuk melakukan evaluasi.

Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, Panglima TNI menegaskan kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) yang digelar di Bandara Mozes Kilangin Timika, Jumat (29/11), tidak ada kaitannya dengan momentum peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) tanggal 1 Desember.

foto:Rina/TimeX
BINGKISAN-Prajurit penerjun payung membagikan bingkisan natal kepada anak-anak setelah melakukan pendaratan dalam LKO.

Pakai Topi Santa Claus Bawa Bingkisan Natal

Para prajurit TNI yang terlibat dalam tim penerjunan langsung mengenakan topi Santa Claus begitu mendarat di area sisi barat Bandara Mozes Kilangin Timika.
Mereka juga membawa bingkisan Natal untuk dibagikan kepada ribuan warga yang menyaksikan atraksi itu.

Sementara, Eltinus Omaleng, Bupati Mimika mengapresiasi LKO di Mimika.

“Ini menunjukan kesiapsiagaan prajurit TNI dalam menjaga keutuhan NKRI. Dengan begini kalau ada yang ingin ganggu daerah kita pasti memilih mundur dengan sendirinya. Lihat kekuatan prajurit yang luar biasa, saya sebagai pemimpin daerah sangat bangga. Ini juga supaya tidak ada pihak-pihak lain yang berniat mengganggu kita disini (Mimika-Red),” jelasnya menambahkan ini pertanda perjuangan Provinsi Papua Tengah terwujud,” tandasnya.

Sedangkan Willem Wandik, Bupati Puncak mengatakan melalui LKO menunjukan Negara hadir untuk masyarakat.

“Kehadiran aparat TNI-Polri harus memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, dengan demikian pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah berjalan aman dan lancar pula,” katanya.

“Saya harap, tanah Papua menjadi tanah damai,” tandasnya pula.

Selanjutnya, Letkol Pnb. Sugeng Sugihsrto, S.Sos, Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika menyampaikan terima kasih kepada seluruh Prajurit TNI, pendukung dan masyarakat Mimika karena LKO  penerjunan berjalan aman dan lancar.

“Seluruh penerjun mendarat dengan selamat tanpa ada yang cedera. LKO ini selain menjaga kesiapan operasi, juga dengan bangga menghibur masyarakat Mimika,” imbuhnya.

Antusiame Warga


LKO penerjunan 156 prajurit mendapat antusiasme ratusan bahkan ribuan masyarakat Mimika karena merupakan atrkais langka.

Sehingga kalangan warga mulai orang dewasa hingga anak sudah lebih dulu memadati sisi barat Bandara Mozes Kilangin Timika yang merupakan  lokasi pendaratan para penerjun.

Sari, salah satu pengunjung mengaku sangat senang karena aksi terjun payung boleh ditonton.

“Awalnya, saya pikir masyarakat tidak bisa saksikan, tapi setelah baca undangan masyarakat bisa saksikan, jadi senang,” katanya tersenyum sembari mengucapkan semoga TNI jaya selalu. (aro/ale)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.