Wings Air Perdana “12.12” Menghubungkan Timika ke Tiga Kota

>>Terpesona Indonesia Timur yang Memukau Pelancong

Pesawat baru Wings Air hadirkan destinasi baru bagi pelancong

Pesawat baru Wings Air hadirkan destinasi baru bagi pelancong

TIMIKA, TimeX

Papua sudah lama dikenal “surga kecil jatuh ke bumi” yang menyimpan potensi tujuan menarik, antara lain Taman Nasional Lorentz di Timika menawarkan pemandangan alam hutan bakau, air terjun dan perbukitan.

Bagi pehobi sejarah, bisa mengunjungi Keakwa untuk menemukan benda-benda peninggalan perang. Sedangkan Nabire- Kabupaten di Papua dengan berbagai jenis spesies bawah laut.

Wisata bahari dapat singgah ke Pantai Gedo di Desa Sanoba, Wahario atau kurang lebih 10 meter sebelah timur Kota Nabire.

Keunikannya pada gradasi birunya air laut dan putih bersih dari warna pasir. Kunjungi juga Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang begitu mengagumkan.

Masih di Papua, Wamena adalah kota di wilayah Kabupaten Jayawijaya yang dikelilingi lembah. Daya tarik utama bernama Baliem – rumah beberapa suku, mayoritas Dani. Di pedalaman Lembah Baliem, menyuguhkan danau berwarna hijau toska yakni Telaga Biru, ada juga Kampung Sekan, tempat menawan untuk didatangi.

Demikian dikatakan Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Wings Air melalui press release yang diterima Timika eXpress, Rabu (11/12).

Lebih lanjut katanya, selepas dari Papua, Maluku Tenggara mempunyai pesona yang menawan, salah satunya Langgur. Wisatawan dapat menjumpai Pantai Ngurtafur, yang berlatar pasir timbul halus membelah kedua sisi pantai, dapat dilihat ketika surut.

Kota-kota impian tersebut dapat dijadikan bagian rencana perjalanan akhir tahun. Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group akan membuka rute baru pertama di Timika yang menghubungkan Nabire, Wamena dan Langgur.

“Operasional penerbangan dilayani langsung (non-stop) dan berjadwal, efektif 12 Desember 2019, Wings Air menawarkan frekuensi keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Mozes Kilangin (TIM) menuju tiga kota tujuan meliputi; 1. Nabire – Bandar Udara Douw Aturure, Kabupaten Nabire, Papua (NBX) 2. Wamena – Bandar Udara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua (WMX). 3. Langgur – Bandar Udara Karel Sadsuitubun, Pulau Kai, Maluku Tenggara (LUV)” urainya.

Wings Air menjadi maskapai pertama dan satu-satunya saat ini melayani Timika ke Langgur secara regular. Pembukaan rute baru Wings Air di Timika guna mengakomodir kebutuhan perjalanan udara secara langsung dan melengkapi pilihan penerbangan lanjutan ke kota lain.

Menurut Danang, Wings Air mengharapkan dapat menciptakan konektivitas intra Papua dan Maluku bagian Tenggara. Jaringan terbaru Wings Air ini akan memberikan nilai efektivitas, karena waktu tempuh relatif singkat yaitu kira-kira berdurasi 60 menit.

Para wisatawan dan pebisnis (travelers) dari Timika terhubung dengan Nabire, Sorong, Manokwari, Wamena, Jayapura, Fak-Fak, Kaimana, Dekai, Langgur, Ambon, Makassar, Manado, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar dan lainnya.

“Rute pergi pulang (PP) tersebut dioperasikan dalam akses sektor pariwisata serta upaya Wings Air menarik minat wisatawan mancanegara (wisman), wisatawan nusantara (wisnus) ke destinasi dan pusat pertumbuhan ekonomi baru, terutama di Indonesia bagian Timur,” jelasnya.

Disisi lain, sambung Danang, langkah Wings Air ini dapat membantu menggeliatkan sektor investasi, logistik, perdagangan dan bisnis, mengingat potensi sumber daya pada keempat daerah itu sangat melimpah.

Pada momen bersamaan (12/ 12), Wings Air akan meresmikan penerbangan harian PP dari Nabire ke Sorong. Wings Air nomor penerbangan IW-1653 lepas landas dari Bandar Udara Nabire (NBX) pada 13.20 WIT dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Domine Eduard Osok (SOQ) pada 14.55 WIT.

Untuk rute sebaliknya, Wings Air nomor IW-1652 terbang dari Sorong pada 15.15 WIT akan mendarat di Nabire pada 16.50 WIT.

“Wings Air mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, mitra dan pihak terkait lainnya dalam mempersiapkan penerbangan perdana ini,” ungkapnya.

Dalam upaya menggugah minat bepergian (traveling), Wings Air menawarkan pengalaman terbang setiap travellers dengan menggunakan turboprop tipe ATR 72-500 atau ATR 72-600. Pesawat ini berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi, paling nyaman dan canggih di kelasnya yang mampu menerbangi rute jarak pendek secara point to point.

Penerbangan juga semakin berkesan, interior pesawat didesain modern dan futuristik, sehingga bisa lebih santai saat berada di kabin.

Travelers serasa menikmati nuansa pesawat pribadi karena konfigurasi kursi 2-2, dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja lebih leluasa atau hanya sekadar menikmati pemandangan memukau dari ketinggian, daya tarik bahwa pesawat mampu terbang dengan rendah.

Selain itu, bisa menikmati dan melihat pemandangan luar yang akan memanjakan mata karena pesawat mampu terbang dengan rendah.

Wings Air optimis, tren permintaan pasar tumbuh positif, sehingga mampu memberikan peluang di waktu mendatang frekuensi penerbangan bisa ditambah atau ditingkatkan. Dalam mempersiapkan perjalanan semakin menyenangkan, travelers dapat memulai rencana penerbangan lebih awal.

Wings Air menghadirkan layanan menurut kebutuhan, apabila akan membawa bagasi maka dapat membeli. Sebaliknya, jika bepergian tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi.

Bagi travelers yang akan membawa bagasi bisa membeli voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Travelers juga bisa membeli dengan harga lebih hemat pada saat dan setelah pembelian tiket (issued ticket), dengan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

Adapun ketentuan barang bawaan ke kabin (hand carry), aturan yang berlaku yaitu setiap pelanggan (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) sesuai ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin. (**)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.