‘Media Adalah Mitra DPRD’

Media merupakan mitra kerja dari legislatif dalam hal menyebarluaskan informasi, baik dalam bentuk hasil kinerja maupun tugas dan tupoksi. Selain itu keberadaan media juga berperan besar dalam memajukan Kabupaten Mimika sekaligus sebagai fungsi kontrol berjalan tidaknya roda pemerintahan, selainn sebagai fungsi edukasi dan hiburan. Media dalam kedudukan sebagai pilar keempat dalam berdemokrasi, selain legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Foto: Santi/TimeX
Iwan Anwar

TIMIKA,TimeX
Anggota DPRD Mimika yang baru saja 16 hari bekerja setelah dilantik rupanya mempunyai pemahaman yang baik terhadap peran media di Mimika ini. Hal ini sebagai mana dilontarkan oleh H Iwan Anwar, Ketua DPRD Sementara.
“Keberadaan media sangat kita butuhkan, karena dengan adanya media masyarakat bisa tau apa yang akan, sedang dan telah kita lakukan,” tutur Iwan kepada wartawan di Kantor DPRD, Rabu (11/12).
Politisi Golkar ini menilai media merupakan mitra kerja dari legislatif dalam hal menyebarluaskan informasi, baik dalam bentuk hasil kinerja maupun tugas dan tupoksi. Selain itu keberadaan media juga berperan besar dalam memajukan Kabupaten Mimika sekaligus sebagai fungsi kontrol berjalan tidaknya roda pemerintahan, selainn sebagai fungsi edukasi dan hiburan. Media dalam kedudukan sebagai pilar keempat dalam berdemokrasi, selain legislatif, eksekutif dan yudikatif.
Ia contohkan keberadaan media dalam menyampaikan informasi tentang pembangunan di Mimika, keluhan masyarakat dan lain sebagainya secara tidak langsung telah memberitahu DPRD atas informasi-informasi yang belum tentu dewan mengetahuinya.
Namun demikian katanya, media juga harus bisa menjaga profesionalitas dalam artian jika ada pemberitaan yang harus mendapat konfirmasi ke pemerintah atau siapa saja, baiknya dikonfirmasi agar beritanya dapat berimbang.
“Namun pada intinya kami apresiasi media yang telah menjadi mitra kami,” kata Iwan.
Hal senada disuarakan Daud Bunga, anggota DPRD Mimika.
Daud berpendapat kehadiran media sangat membantu DPRD. Media itu salah satu mitra sangat dibutuhkan, tetapi media juga harus menjaga kredibilitasnya. Diharapkan apa yang sudah terjalin ini tetap terjaga dengan baik. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.