Tiga Distrik Diminta Lakukan Pemilihan Ulang Kepala Kampung

“Saya akan panggil tim Pilkada Kabupaten Mimika dan dinas terkait untuk membicarakan hal ini, karena sesuai dengan Pilkada Kampung ini bertujuan untuk memilih kepala kampung terbaik sehingga regulasinya memang harus dilaksanakan di kampung  bukan di kota,”

TIMIKA,TimeX

Foto: Dok./TimeX
ANTUSIAS – Masyarakat Kampung Nawaripi antusias mengikuti pemilihan kepala kampung di balai kampung setempat beberapa waktu lalu.Tiga distrik di wilayah pegunungan yakni Distrik Hoya, Tembagapura dan Alama diminta untuk melakukan pemilihan ulang kepala kampung. Sebab proses pemilihan sebelumnya dinilai tidak sah sesuai prosedur  sebagaimana harus dipusatkan di kampung malah pelaksanaan berlangsung di kota.

Permintaan ini disampaikan oleh Demianus Katiob, Asisten I Bidang Pemerintahan saat ditemui di ruang kerjanya Pusat Pemerintahan, Kamis (9/1).

Katiob menyebutkan Distrik Tembagapura ada lima kampung yang melakukan pemilihan ulang di kota, salah satunya Kampung Arowanop.

Foto: Indri/TimeX
Demianus Katiob

Bahkan hingga kini, Katiob belum mendapatkan penjelasan secara teknis oleh pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) menyangkut alasan pemilihan kepala kampung yang dilakukan tiga distrik tersebut di kota.

“Saya akan panggil tim Pilkada Kabupaten Mimika dan dinas terkait untuk membicarakan hal ini, karena sesuai dengan Pilkada Kampung ini bertujuan untuk memilih kepala kampung terbaik sehingga regulasinya memang harus dilaksanakan di kampung  bukan di kota,” jelasnya.

Dengan pemilihan pusat di kampung masyarakat secara penuh harus terlibat dalam Pilkampung tanpa terkecuali, karena masyarakat adalah bagian dari musyawarah dalam menentukan siapa pemimpinnya.

“Karena pasti akan ada permasalahan yang timbul oleh  masyarakat yang merasa dirugikan dan tentu akan berlanjut pada permasalahan hukum. Sehingga ini memang harus kita evaluasi kembali, bila perlu lakukan pemilihan ulang, sehingga nanti kita akan sampaikan juga dengan bupati untuk tidak melantik semua kepala kampung dulu,” paparnya.

Distrik Tembagapura memiliki 13 kampung yakni Kampung Aingogin, Arwanop, Baluni, Banigogom, Banti Dua, Doliningokngin, Jagamin, Jongkogama, Meningimponogama, Noselanop, Opitawak, T’Singa  dan Waa.

Distrik Hoya ada enam kampung, yakni Kampung Hoya, Jawa, Jinonin, Kulama, Ogom, Mamontoga dan Puti. Distrik Alama memiliki 11 kampung, yakni Kampung Alama, Bemoki, Enggin, Geselema, Jenggelo, Kilmit, Purua, Senawak, Tagaralma, Unimogom dan Wuarem. Secara keseluruhan di Kabupaten Mimika dari 18 distrik ada 133 kampung. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.