Pengurus FKMN Dilantik

“Saya mengajak saudara-saudara yang akan dilantik untuk menjadi pengurus organisasi masyarakat dengan komitmen kuat, bersama-sama menjalankan roda pembangunan di daerah ini”

Foto: Indri/TimeX
LANTIK – Johanes Rettob, Wakil Bupati Mimika membacakan SK Pelantikan pengurus FKMN terpilih, Sabtu (18/1).

TIMIKA,TimeX
Sebanyak 310 anggota pengurus Forum Komunikasi Masyarakat Ningvatim (FKMN) Mimika periode 2020-2023 dilantik oleh Johanes Rettob, Wakil Bupati Mimika berlangsung di Wisata Pelangi, Sabtu (18/1).
Pelantikan ini didasari Surat Keputusan (SK) Nomor 001/A/I/2020. Turut hadir Nicolaas E Kuahaty, Plt Asisten Bidang Administrasi Umum dan para pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika. Adapun pengurus inti, Marvey Dangeubun, Ketua FKMN terpilih, Yohanes Renyaan, Wakil Ketua dan Junaidi Boiratan, Sekretaris. Pendiri FKMN adalah Johanes Rettob, Wakil Bupati Mimika, Openggel Bertus Rahadat dan Kaspar Kebubun.
Acara ini mengusung tema ”Am Vehe Mam Belan Ne Am Sor Mam Yat“. Artinya, dengan semangat pantang mundur Ning Vatnim, merajut kasih persaudaraan membangun Kabupaten Mimika.
Nicolaas E Kuahaty dalam sambutan mewakili Bupati Mimika mengajak semua anggota FKMN bersama-sama memberikan kontribusi pemikiran dan karya nyata terkait kebutuhan strategis, tujuan, sasaran serta arah kebijakan dalam menetapkan prioritas pembangunan daerah yang terurai dalam kurun waktu tiga tahun kepengurusan nantinya.
“Saya mengajak saudara-saudara yang akan dilantik untuk menjadi pengurus organisasi masyarakat dengan komitmen kuat, bersama-sama menjalankan roda pembangunan di daerah ini,” ujarnya.
FKMN merupakan salah satu organisasi masyarakat yang bermitra dengan pemerintah daerah, untuk berpartisipasi mendukung visi dan misis Pemda Mimika, khususnya pada program-program nasional.
“Maka itu saya berpesan kepada semua pengurus untuk mempunyai komitmen lebih, dalam menjalankan organisasi-organisasi sesuai perundang-undangan Republik Indonesia No 17 Tahun 2013 tentang organisasi masyarakat,” pesan Nicolaas.
Untuk menjadikan organisasi ini maju dan besar menurutnya, sangat tergantung pada pengurus Ning Vatim (perahu belang), karena itu tidak ada perahu belang yang sampai tujuan apabila tidak ada nahkodanya, sehingga perlu adanya kerja sama, baik secara internal maupun eksternal pada organisasi dengan sistem pemerintahan.
Organisasi ini adalah organisasi masyarakat yang bersifat kekeluargaan, sehingga yang paling utama adalah tanggung jawab dalam menjalankan tugas dan fungsi sesuai fungsi kepengurusan.
Sementara, Johanes Rettob, Wakil Bupati Mimika sekaligus pendiri FKMN dalam sambutan mengatakan hadirnya FKMN ini untuk bersama-sama membantu dan mendukung pemerintah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 dan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Perparawi).
“Saat ini kami lagi perang terhadap sampah, terhadap kekerasan. Mari kita dukung sama-sama, mari kita jaga, karena kita sudah pasang CCTV di mana-mana,” ajaknya.
Sebagai pendiri FKMN, ia mengajak seluruh anggota FKMN untuk mendukug penuh visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika lima tahun kedepan.
“Kita jangan hidup berkotak-kotak tetapi mari kita hidup bersama dalam keberagaman, meski kita berbeda-beda agama,” pesannya.
Sementara Marvey Dangeubun, Ketua FKMN dalam sambutan menekankan pentingnya keterlibatan dan peran serta masyarakat dalam menunjang setiap kebijakan Pemda Mimika, terutama dalam menyongsong iven nasional yang akan berlangsung di Kabupaten Mimika.
“Untuk itu lewat kesempatan ini saya mewakili segenap pengurus FKMN menyatakan, kami siap mendukung sukseskan PON XX dan Pesparawi XIII. Kami juga menyakini semakin banyak keterlibatan dan peran serta masyarakat dalam setiap keputusan strategis pemerintah, maka akan semakin baik dan berhasil seluruh program Pemda yang dimaksud,” katanya.
Ia harapkan dengan adanya keterlibatan Pemda Mimika di dalam FKMN ini bisa membantu, membina dan mengingatkan FKMN dalam setiap kebijakan dan program strategis pemerintah.
“Mari kita bersatu memberikan kontribusi kita, baik pikiran dan tenaga, membantu pemerintah daerah terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di kabupaten yang kita cintai, karena dengan situasi aman dan kondusif kita dapat berkarya,” ajaknya.
Konradus Welerubun, Ketua Panitia FKMN dalam laporan mengharapkan pengurus yang telah dilantik dapat menjalankan tugasnya masing-masing. “Kita harus bersatu untuk mendukung visi dan misi bupati, terutama dalam mendukung PON XX dan Pesparawi XIII,” harapnya. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.