PUPR Siapkan Rp100 Miliar untuk Jalan Freeport Lama

“Karena untuk pemindahan ini, tidak sembarang, apalagi kabel-kabel yang dipasang dibawa tanah, sebab kualifikasinya di sini tidak memenuhi, jika sampai di Mile 21, Ayuka, Tipuka hingga Pomako ini anggaranya triliunan”

FOTO: Indri/TimeX
Robert Mayaut

TIMIKA,TimeX
Jalan Freeport Lama atau jalan lingkar luar Mile 32 tembus Gorong-gorong akan ditingkatkan tahun ini. Untuk rencana tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah menyiapkan anggaran hingga Rp 100 miliar.
Robert Mayaut, Kepala Dinas PUPR menjelaskan, terkait hal ini, pihaknya sudah duduk bersama PT Puncak Jaya Power (PJP) dan PT Freeport Indonesia beberapa waktu lalu, di dalam pembahasan bersama, seluruh Sutet dan gardu milik Freeport yang berada di area Jalan Freeport Lama ini akan dipindahkan.
“Memang rencana ini juga masuk dalam rencana PJP namun kami Pemda mungkin yang sudah lebih dulu bergerak, karean kami sudah lebih dulu melakukan peningkatan jalan di Mile 32,” kata Robert usai mengikuti apel di depan Kantor Pusat Pemerintahan, Senin (20/1).
Rencananya, dari Gorong-gorong, dilanjutkan hingga di Mile 21, namun rencana tersebut perlu disesuaikan lagi antara PJP dan Pemda Mimika, seperti pemindahan Sutet dan Gardu.
“Karena untuk pemindahan ini, tidak sembarang, apalagi kabel-kabel yang dipasang dibawa tanah, sebab kualifikasinya di sini tidak memenuhi, jika sampai di Mile 21, Ayuka, Tipuka hingga Pomako ini anggaranya triliunan,” ungkapnya.
Dikarenakan, ada rencana jika lingkar luar yang dikerjakan Pemda, berada di dekat hutan marngove, maka Pemda akan membuat jembatan layang, agar tidak merusak ekosisten yang ada.
Sementara itu, Nicolaas E Kuahaty, Plt Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan di waktu yang sama mengatakan, anggaran pengerjaan jalan ini tentunya ditetapkan bedasarkan analisis, yakni disesuaikan dengan inflasi daerah, sehingga tidak bisa hanya diprediksi saja.
“Kita sudah siap, nanti kita akan bersama-sama dengan tim teknis dari PJP untuk melihat langsung titik-titik mana saja yang akan terkena dampak peningkatakan jalan,” pungkasnya. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.