Curi iPhone, DMH Babak Belur Dihajar Warga

Foto: Ist/TimeX
DIAMANKAN-Pelaku pencurian iPhone berinisial DMH kini diamankan di Kantor Polsek Mimika Baru, Selasa (21/1).

“Korban sempat mengejar tersangka namun sudah kabur. Kemudian pelapor mencari HP tersebut, akan tetapi sudah tidak ada di meja. Setelah itu, korban menghubungi saksi Vianita Ekarini Mandagi (28) untuk melacak HP tersebut. Dan saksi berhasil menemukan posisinya yakni di sekitar konter Koperapoka”
TIMIKA,TimeX
Kepolisian Sektor Mimika Baru berhasil mengamankan seorang pemuda berinisial DMH (27). Pasalnya, pemuda itu nekat mencuri HP dan warga yang melihatnya langsung seketika melakukan aksi pemukulan terhadap pelaku.
Kompol Sarraju selaku Kapolsek Mimika Baru kepada Timika eXpress, Selasa (21/1) mengatakan Unit Reskrim Polsek Mimika Baru melaksanakan penyelidikan dan penyidikan dugaan tindak pidana pencurian atau diduga begal viral di Medsos.
Berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/41/I/2020/Papua/Res Mimika/Sek Miru, tgl 21 Januari 2020 dikatakan, kejadian itu sekitar pukul 14.15 WIT di Jalan Yos Sudarso tepatnya di depan Kantor SAR, pelaku melakukan tindakan kejahatan yakni mencuri handphone dan kemudian ditangkap pada pukul 17.30 WIT di Jalan Bougenville.
“Jadi, pada saat itu korban Frans Petrus Pussung menaruh handpone merk Iphone Xs di atas meja, kemudian ia menuju ke belakang rumah untuk mengecek orang yang mengurus ternak miliknya,” katanya.
Lebih lanjut, setelah itu korban menuju ke halaman depan kembali untuk mengunci pagar. Namun, saat dipertengahan jalan, ia melihat tersangka langsung kabur.
“Korban sempat mengejar tersangka namun sudah kabur. Kemudian pelapor mencari HP tersebut, akan tetapi sudah tidak ada di meja. Setelah itu, korban menghubungi saksi Vianita Ekarini Mandagi (28) untuk melacak HP tersebut. Dan saksi berhasil menemukan posisinya yakni di sekitar konter Koperapoka,” jelasnya.
Selanjutnya, korban dan saksi menghampiri tersangka. Namun, tersangka melarikan diri ke Jalan Bougenville, sehingga saksi dan pelapor mengejar tersangka sambil berteriak maling. Warga yang berada di sekitar langsung mengamankan dan menangkap tersangka.
“Adapun pasal disangkakan adalah pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama lima tahun. Dan berdasarkan keterangan saksi-saksi ini adalah kasus pencurian bukan kasus begal atau jambret,” katanya.
Untuk diketahui, informasi tentang penangkapan tersangka oleh warga juga sempat viral di media sosial (Medsos) yang menyebutkan pelaku sebagai begal yang tertangkap tangan oleh warga. (aro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.