Warga Harap Tiket Semakin Murah

>>Citilink Resmi Buka Rute Timika-Denpasar

TIMIKA, TimeX

Maskapai penerbangan Citilink resmi membuka rute Timika-Denpasar dan Denpasar Timika, yang ditandai dengan pendaratan perdana, di Bandara Internasional Mozes Kilangin, dengan pesawat Airbus A-320, berkapasitas 180 penumpang, Jumat (31/1) Pukul 14.31 WIT.

Foto: Yosefina Dai Dore/Timika eXpress
MENYAMBUT-Mohamad Wajid bersama Bagyo, Yan Selamat Purba, Rudol B Hutabarat, Edward Hutahayan, dan sejumlah pihak lainnya menyambut Awak Citilink, saat mendarat perdana di Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika, Jumat (31/1).

Maskapai penerbangan Citilink resmi membuka rute Timika-Denpasar dan Denpasar Timika, yang ditandai dengan pendaratan perdana, di Bandara Internasional  Mozes Kilangin, dengan pesawat Airbus A-320, berkapasitas 180 penumpang, Jumat (31/1) Pukul 14.31 WIT.

Kehadiran Citilink disambut antusias Warga Timika. Dengan masuknya maskapai Citilink di Timika masyarakat berharap harga tiket pesawat semakin murah.

“Mudah-mudahan harga tiket pesawat semakin murah,” kata Robertus, salah seorang warga Timika yang ditemui di sisi Utara Terminal bandara Internasional Timika, usai menyaksikan acara penyambutan penerbangan perdana Citilink.

Hal yang sama juga diungkapkan Soraya, warga lainnya yang hadir pada kesempatan yang sama.

“Sekarang kita sudah banyak pilihan maskapai, muda-mudahan harga tiket bisa lebih murah,” timpal Soraya.

Berdasarkan data yang dihimpun Timika eXpress, penerbangan perdana ke Timika yang dikapteni Agus Septiono ini dimulai dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Masakapai penerbangan milik PT Citilink Indonesia, yang masih satu Grup dengan Maskapai Garuda Indonesia ini akan melayani 4 kali penerbangan dalam seminggu, yakni Rabu, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

“Jadi  jadwal dari Bandara Mozes Kilangin ke I Gusti Ngurah Rai Pukul 15.10 WIT dan tiba Pukul 17.40 Wita. Kalau dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Pukul 09.55 Wita sampai Pukul 14.25 WIT.
Untuk penumpang dari Timika cek in di sisi Utara Terminal Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika,” terang Mohamad Wajid, Distrik Sales Manager Makassar Citilink, usai penjemputan pesawat di Bandara Mozes Kilangin kemarin sore.

Ia menambahkan Citilink memberikan fasilitas bagasi kepada penumpang 20 kilogram.

Sementara bagi masyarakat yang menginginkan pelayanan Citilink, bisa mendatangi  kantor pelayanan di Jalan Budi Utomo dan Terminal Bandara Mozes Kilangin Timika  Sisi Utara.

“Kami harap kehadiran Citilink ini menambah akomodasi transportasi udara. Diupayakan ke depannya bisa membuka rute Timika ke daerah lain,” ujar dia.

Dalam penerbangan perdana itu, awak pesawat disambut Bagyo, Kepala Bandara Mozes Kilangin, Yan Selamet Purba, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Mohamad Wajid, Distrik Sales Citilink Makassar, Rudol B Hutabarat, GM Garuda Cabang Timika dan, Edward Hutahayan, GM AVCO dan sejumlah pihak lainnya.

Acara penyambutan ditandai dengan pengalungan noken kepada semua awak pesawat.

Yan Selamat Purba dalam pertemuan singkat di Kantor AVCO usai acara  penjemputan mengucapkan terimakasih kepada pihak Citilink yan sudah melayani penerbangan di Timika.

“Selamat datang di Timika terimakasih banyak untuk pelayanan ini, karena ini juga untuk mewujudkan program dari Bupati dan Wakil Bupati Mimika di bidang transportasi,” ucapnya.

 

>>Dewan Apresiasi Masuknya Maskapai Citilink di Timika

Sementara itu, masuknya maskapai Citilink yang merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia ini diapresiasi oleh anggota DPRD Mimika.

Salah satunya adalah Nurman Karupukaro Ketua Fraksi Gerindra.

Kata dia, Bupati dan Wakil Bupati Mimika telah memberikan warna dalam rangka mempersiapkan semua fasilitas kepada seluruh masyarakat dengan bertambahnya satu penerbangan.

“Ini merupakan langkah yang baik dan positif dikarenakan masyarakat boleh memilih penerbangan maskapai dengan tingkat keselamatan yang baik, harga yang terjangkau dan ketepatan waktu,” tutur Nurman Karupukaro Ketua Fraksi Gerindra saat ditemui Timika eXpress di Kantor DPRD Mimika, Jumat (31/1).

Nurman mengatakan, sekarang ini sudah banyak pilihan, bayak penerbangan dan Timika adalah barometer dari pada seluruh kabupaten-kabupaten yang ada di tengah Papua dan Selatan. Jadi, kedepannya diharapkan nanti bukan cuma pesawat skala kecil tapi bisa ada yang lebih besar mendarat di sini dan membuka rute-rute luar negeri.

Katanya, untuk menunjang PON dan Pesparawi ini sangat baik sekali, karena pilihan dari seluruh kontingen yang akan hadir di Timika itu dengan ketepatan waktu, ketepatan scedule penerbangan dan lain sebagainya. Dan ini juga bisa mempermudah seluruh atlet juga peseta serta tamu yang akan datang karena banyak pilihan maskapai yang masuk di Timika.

“Khususnya warga Mimika kedepan hari raya lebaran dan natal sudah banyak pilihan. Kita harap harga-harga yang tidak rasional menurut kita di Papua kedepan bisa rasional. Kami juga harap untuk harga bagasi juga dapat dikurangi karena kita di Papua ini sudah mahal dengan harga tiket, mungkin untuk bagasinya di tambah atau harganya dikurangi,”ujarnya.

Tambahnya, penerbangan dari maskapai baru ini pasti berlanjut ditambah dengan urbanisasi, kepentingan daerah juga akan bertambah semakin maju dan besar karena Timika ini merupakan sentra bagi beberapa kabupaten khususnya Asmat, Paniai, Dogiyai, Deyai, sampai dengan Wamena pun masih di support oleh Timika dan Timika ini adalah Bandara internasional yang dipersiapkan untuk ikon Papua bahwa lapangan berstandar internasional ada di Timika. (epy/san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.