2020, Target Penerimaan KPP Pratama Timika Rp4 Triliun

 TIMIKA, TimeX

Foto: Yosefina Dai Dore/Timika eXpress
SOSIALISASI-Peserta kegiatan serius mengikuti sosialisasi aspek perpajakan bendahara’ di aula lantai 5 KPP Pratama Timika, Jalan Cenderawasih, Kamis (13/2) pagi.TIMIKA, TimeX

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Timika menargetkan penerimaan pajak pada tahun 2020 sebesar Rp4 triliun.

Demikian diampaikan Tirta, Kepala KPP Pratama Timika, melalui Aditya Nugraha, Pelaksana Sub Bagian Umum dan Kepatuhan Internal saat memandu acara ‘Sosialisasi Aspek Perpajakan Bendahara’ di  aula lantai 5 KPP Pratama Timika, Jalan Cenderawasih, Kamis (13/2) pagi.

Ia mengatakan tagret tahun ini lebih besar dari target tahun 2019 lalu sebesat Rp3,2 triliun.

“Kami ucapkan terimakasih kepada bapak ibu yang hadir. Berkat kita semua pada tahun 2019 kami dapat mencapai Rp3,4 triliun dari target  yang telah diamanahkan kepada kami  senilai Rp3,2 triliun. Tahun ini kami mendapat target Rp4 triliun, mohon doa dan dukungan agar kami dapat mencapai target tersebut,” kata Aditya.

Sementara itu, Puriyo, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Timika dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada bendahara-bendahara dari OPD di lingkup Pemkab Mimika, yang telah hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada bapak ibu  bendahara OPD-OPD di Pemkab Mimika yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara ini,” katanya.

Ia juga menyampaikan terimakasih karena berkat dukungan dari bendahara-bendahara tersebut KPP Pratama Timika bisa mencapai target penerimaan pajak tahun 2019 lalu.

“Saya sampaikan terimakasih juga untuk bapak ibu bendahara  OPD Kabupaten Mimika  yang telah memberikan sumbangsih dan peran sertanya dalam pencapaian  pajak, khususnya di KPP Pratama Timika. karena  dengan peran bapak ibu  sekalian kami dapat mencapai penerimaan yang ditargetkan kepada kami,” ujarnya.

Ia mengatakan  penerimaan dari sektor  pajak sangat vital karena 70 persen lebih  pembangunan ini  disokong dari penerimaan pajak.

Oleh karena itu ia mengajak semua pihak mendukung  pencapaian peerimaan pajak demi tercapainya pembangunan nasional  di tanah air  tercinta ini.

“Bapa ibu bendahara sekalian  suatu  kewjaiban dari bendahara  di instansi pemerintahan adalah melakukan  pemotongan  atau pemungutan pajak atas taransaksi-transaksi, atau pembayaran-pembayaran  yang dilakukan oleh bapak ibu sekalian. Oleh karena itu dalam sosisalisasi ini tim kami dari KPP Pratama Timika akan memaparkan aspek-apske perpajakan terkait dengan  bendahara di instasi pemerintahan ini,” ujarnya.

Terkait dengan hal tersebut, lanjut dia  sebagai contoh kewajiban daripada bendarahara adalah  melakukan pemotongan   atau pemungutan gaji yang dibayarkan kepada para pegawai.

“Dalam kesempatan ini pula saya mengingatkan kewajiban  dari para bendahara untuk membuat bukti potong dalam hal ini  gaji pegawai tersebut yang lazim disebut formulir 1721-A2. nantinya formulir ini harus disampaikan kepada pegawai yang bersangkutan,” terangnya.

Formulir tersebut, kata Puriyo merupakan sumber data  untuk mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) para  pegawai.

Ia menyampaikan ASN sebagai wajib pajak,  sebagai mana diatur Undang-undang nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan harus menyampaikan SPT.

Sementara dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Indonesia juga sudah mengeluarkan edaran, yang mewajibkan bahwa ASN harus melaporkan SPTnya secara e-filling. “Kami  imbau agar bapak ibu sekalian menyampaikan kepada para  pegawai untuk menyampaikan SPTnya,” ujarnya.

Dia mengatakan dalam sosialsiasai itu juga  akan memantapkan peraturan menteri keuangan nomor 231 Tahun 2019  yang merupakan peraturan baru dan akan berlaku 1 april 2020.

“Kami akan  memaparkan secara detail  apa yang diamantakan dalam peraturan tersebut, antara lain bagaimana pendaftaran SPT instansi pemerintah, bagaimana  pemotongan, pemungutan, pelaporan dari pajak-pajak yang telah dilakukan oleh bendahara tersebut,” katanya.

Selain dihadiri oleh bendahara-bendahara OPD di lingkup Pemkab Mimika, sosialisasi tersebut dihadiri juga sejumlah mahasiswa dari STIE Jambatan Bulan. (epy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.