Pelaku Pembobol Brankas Dealer Daihatsu Terungkap

Brankas yang berada dalam ruang admin Dealer Daihatsu di Jalan Budi Utomo, dibobol maling, Rabu (19/2). Uang sebanyak Rp300 juta dalam brankas tersebut pun raib dibawa kabur oknum pelaku, dan sementara kasusnya masih dalam penyelidikan kepolisian setempat.

Foto : Rina/TimeX
OLAH TKP- Tim Identifikasi Polres Mimika saat melakukan olah TKP di Dealer Daihatsu, Rabu kemarin.

TIMIKA, TimeX

Tim penyidik Polres Mimika berhasil meugngkap pelaku pembobol brankas milik dealer Daihatsu pada Rabu (21/2) lalu.

Pelakunya adalah oknum karyawan pemasaran (sales) dari dealer tersebut berinisial D.

“Dari penyelidikan, pelaku mengaku uang milik dealer daihatsu diambilnya,” jelas AKP M. Burhanuddin Yusuf Hanafiah Kasat Reskrim Polres Mimika kepada wartawan di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Jumat (28/2).

Namun, pelaku saat menjalani pemeriksaan tidak kooperatif.

Dari dugaan penyidik, pelaku dalam aksinya tidak sendiri, sehingga penyidik masih mendalami dugaan keterlibatan pihak lain dalam kasus ini.

“Saat kami interogasi, pelaku tidak mengaku dan menyebutkan keterlibatan pelaku lain dalam aksinya. Dia (pelaku) hanya bilang dia sudah pelakunya,” ungkap Hanafiah.

Anehnya, saat diminta untuk menjelaskan kronologi aksinya secara detail membobol brankas berisi uang ratusan juta tersebut, pelaku tidak bisa menjelaskannya.

“Pelaku juga tidak tahu berapa banyak jumlah uang yang diambil karena tidak dihitung,” kata Hanafiah.

Untuk memastikan jumlah uang dalam branskas yang dibobol, penyidik masih harus mengumpulkan bukti dokumen menyusul jumlah uang yang tersimpan dalam brankas sebelum dibobol pelaku.

“Untuk ini kami masih koordinasi dengan tim auditor. Artinya, sebelum kita tuangkan ke dalam BAP, maka harus diketahui pasti nominal uang yang hilang, untuk disinkronkan dengan keterangan pelaku, sesuai atau tidak,” tegasnya.

Untuk diketahui, brankas dalam ruang admin Dealer Daihatsu di Jalan Budi Utomo, dibobol pelaku pada Rabu (19/2).

Disebutkan uang sebanyak Rp300 juta yang tersimpan dalam brankas tersebut pun raib.

Kasus brankas dealer daihatsu dibobol baru diketahui sekitar pukul 09:30 WIT oleh seorang karyawan admin dealer ketika hendak mengambil surat mobil untuk keperluan uji kir.

Karyawan admin yang hendak memasuki ruangan sontak terkejut bahkan berteriak histeris karena melihat pintu brankas dalam keadaan terbuka.

Saat didatangi karyawan lainnya, disekitar brankas hanya ditemukan obeng dan kunci pas yang diduga digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya.

Dalam brankas diperkirakan ada uang Rp300 juta, uang itu merupakan DP (down payment) mobil, kredit mobil serta uang perbaikan mobil.

Pihak dealer pun langsung melaporkan kejadian tersebut  Polres Mimika sekitar pukul 12:00 WIT.

Menyusul  Tim Identifikasi Polres Mimika langsung mendatangi dan melakukan olah TKP pada pukul 13:00 WIT. (aro)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.